Peningkatan kesadaran masyarakat akan kesadaran destinasi agrowisata di Sumatera Selatan melalui pemanfaatan media sosial

  • Dewi Fadila
  • Sari Lestari Zainal Ridho Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Marieska Lupikawaty
  • Hendra Sastrawinata
  • Aimi
  • Ummasyroh
  • Munparidi
  • Muhammad Riska Maulana
Keywords: Masyarakat, agrowisata, media sosial

Abstract

Pemulihan industri pariwisata agar pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat dapat dilakukan melalui peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke destinasi wisata. Namun upaya ini dapat terjadi jika wisatawan menyadari keberadaan destinasi-destinasi wisata yang dapat mereka kunjungi. Salah satu destinasi wisata di Sumatera Selatan adalah Agrowisata, Desa Gelebak Dalam, Kabupaten Banyuasin, yang merupakan salah satu daerah tingkat II di Provinsi tersebut. Belum banyak masyarakat yang menyadari keberadaan destinasi wisata tersebut, termasuk masyarakat yang berada berdekatan dengan destinasi wisata tersebut, seperti masyarakat yang berada di Kota Palembang. Sehingga menjadi perlu menjadi perlu untuk dilakukan upaya peningkatan kesadaran masyarakat akan keberadaan destinasi wisata Agrowisata, Desa Gelebak Dalam, Kabupaten Banyuasin. Target sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah masyarakat di sekitar destinasi wisata, termasuk mitra penyedia jasa pariwisata dan masyarakat daerah terdekat seperti masyarakat Kota Palembang. Pengabdian pada masyarakat ini menggunakan pendekatan dengan tahapan sebagai berikut: tahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Sebagai bagian dari keseluruhan rangkaian kegiatan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini, disebarkan konten secara digital. Penggunaan konten promosi secara digital di Instagram oleh tim pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat secara optimal tentang keberadaan jasa pariwisata berupa destinasi agrowisata di Kabupaten Banyuasin

 

Published
2023-03-14