PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI PROGRAM PENDAMPINGAN PEMASARAN USAHA TERNAK SAPI DI DESA BULO KECAMATAN PANCA RIJANG KABUPATEN SIDRAP

  • Irwan Idrus Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Arfianty Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: UMKM, usaha ternak sapi, pemasaran

Abstract

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu unsur penting dalam menopang perekonomian nasional. Usaha ternak sapi yang merupakan bagian dari UMKM mempunyai prospek yang baik, karena permintaan akan bahan-bahan yang berasal dari ternak akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, pendapatan dan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi pangan bergizi tinggi. Permasalahan yang dihadapi pemilik usaha ternak sapi di Desa Bulo Kecamatan Pancarijang, Kabupaten Sidrap adalah sistem pemasaran yang masih konvensional sehingga tingkat penjualan cenderung masih relatif rendah. Tujuan dari pengabdian ini adalah mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi pengusaha ternak sapi, kemudian menentukan strategi usaha berdasarkan faktor eksternal dan internal untuk selanjutnya mendapatkan prioritas strategi yang akan diterapkan.  Dalam persaingan usaha, pemilik usaha dituntut untuk selalu mengembangkan strategi bisnis agar dapat bertahan dan terus berkembang di tengah gencarnya persaingan. Oleh sebab itu pemilik usaha perlu mengembangkan suatu strategi yang tepat agar pemilik usaha dapat mempertahankan eksistensinya. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh dari pengabdian ini adalah meningkatnya tingkat penjualan ternak sapi di Desa bulo Kecamatan Pancarijang melalui pendampingan pemasaran usaha ternak sapi

Published
2021-03-19