IMPLEMENTASI APLIKASI ASISTENSI GURU DI KELAS DENGAN TEKNIK GEOFENCING BERBASIS ANDROID

  • Iskandar Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi
  • Umar Tsani Abdurrahman Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi
Keywords: Asistensi Guru, Mobile, Geofencing, GPS, Wifi

Abstract

Sebuah alat bantu belajar untuk guru dalam membantu proses pembelajaran di kelas jaman teknologi mobile sekarang ini merupakan suatu solusi untuk memudahkan rutinitas kegiatan seorang guru di kelas, untuk kasus di sekolah xyz yang penulis amati adalah mengalami permasalahan dalam proses kehadiran siswa di kelas misalnya siswa menitipkan absen dikarenakan proses kehadiran masih manual menggunakan form catatan sehingga bisa dimanipulasi, selain adanya pelanggaran juga adanya pemborosan kertas dan memerlukan space banyak untuk penyimpanan. Salah satu tindakan untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan dibangunnya aplikasi Asistensi Guru untuk mengelola kegiatan guru berbasis android dengan teknik geofencing, artinya sistem akan mendeteksi jika siswa tidak di ruangan kelas maka tidak bisa untuk melakukan proses kehadiran dalam pelajaran. Selanjutnya dibangun Web Services untuk melakukan rekapitulasi data kehadiran Siswa tersebut. Dengan pemanfaatan koneksi jaringan private atau WiFi, GPS dan Aplikasi Map siswa dapat melakukan kehadiran pada pelajaran yang ditempuh. Setelah dilakukan testing aplikasi asistensi guru tersebut dapat mengelola kehadiran siswa, guru dapat membuat jadwal, dan memonitor kondisi kehadiran per mata pelajaran yang diambil siswa, selanjutnya sistem dapat melakukan rekapitulasi kehadiran siswa berdasarkan pelajaran yang diambil. Dengan adanya aplikasi siswa ini dapat melakukan masuk belajar tanpa menulis di kertas kehadiran tetapi menggunakan smartphone masing-masing dan untuk rekapitulasi kehadiran siswa menggunakan aplikasi website untuk menampilkan kehadiran sesuai pelajaran yang diambil. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi ini berjalan baik pada pada aplikasi android versi 7 keatas, dengan adanya aplikasi ini diharapkan bisa membantu guru dalam mengelola pembelajaran di kelas.

Published
2020-06-30