KOMPARASI AKURASI METODE K-NEAREST NEIGHBOR DAN C4.5 UNTUK CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN PEMBIAYAAN

  • Mohamad Anas Sobarnas Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi
  • Iskandar Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi
Keywords: CRM, C 4.5, Klasifikasi, K-NN, Perusahaan Pembiayaan

Abstract

Faktor utama pembiayaan bisnis adalah Layanan yang Mudah dan Cepat untuk pelanggan, Salah satu masalah perusahaan pembiayaan adalah kalah bersaing karena tidak adanya metode yang sistematis dalam menjaga hubungan yang baik dengan pelanggannya sehingga pelanggan tidak bertambah bahkan pelanggan lama pergi begitu saja. Salah satu metode dalam menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan adalah dengan dibuatnya sistem komparasi untuk menguji tingkat keloyalan pelanggan, Sehingga pelanggan tetap loyal kepada Perusahaan. Adapun alat sebagai komparasi dalam aplikasi klasifikasi Pelanggan menggunakan algoritma Klasifikasi yaitu algoritma. K-Nearest Neighbor (K-NN) dan C4.5. Setelah dilakukan pengujian perbandingan kedua algoritma diatas ditemukan akurasi algoritma C4.5 sebesar 93.10% dan nilai akurasi model untuk algoritma KKN sebesar 90.52% dengan selisih akurasi 2,58%. Pengujian aplikasi berbasis web menggunakan bahasa program ASP.Net C # membandingkan hasil akurasi dari perbandingan kedua algoritma diatas maka algoritma (C4.5) adalah menghasilkan nilai yang terbaik, kemudian dilakukan pengujian data sampling keakuratan aplikasi dengan jumlah pengujian data 122 sample didapatkan hasil 109.8 sample akurat atau sebesar 92% dalam menentukan loyalitas klasifikasi pelanggan. Sehingga dengan adanya sistem aplikasi komparasi pelanggan berbasis web ini bisa menjadi alat bantu perusahaan dalam menguji loyalitas pelanggan pada perusahaan.

Published
2020-07-01