Perbaikan Kualitas Produk Dengan Metode SIX SIGMA DMAIC Di Perusahaan Keramik

  • Heriyanto, Muhamad Ali Pahmi Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi
Keywords: Quality, SIX SIGMA DMAIC, Improvement

Abstract

Salah satu tujuan penting perusahaan adalah memberikan kepuasan terhadap produk, apakah itu bawaan atau jasa. Oleh karena itu perusahaan berkewajiban menjaga kualitas produk yang dihasilkan untuk menjaga kepuasan pelanggan, selain meningkatkan produktivitas yang dihasilkan, agar dapat bersaing dengan pesaingnya, karena jika kualitas diperhatikan, produktivitas yang tinggi akan tercapai, dampak produksi biaya akan berkurang, dan harga jual ke konsumen dapat dikendalikan. Kontrol kualitas produk sangat penting untuk diterapkan pada perusahaan barang jasa. Dengan mengendalikan kualitas produk, maka aspek-aspek lain, seperti biaya produksi dan harga jual dapat dikendalikan. Tujuan yang diinginkan dapat dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja kualitas produk X setelah pembakaran dan kemudian mengurangi barang yang rusak menjadi sedikit mungkin. Metode dalam penelitian ini menggunakan SIX SIGMA DMAIC. Hasil dari penelitian dan implementasi peningkatan menggunakan metode SIX SIGMA DMAIC secara efektif mengurangi cacat clay crack sebesar 51.8% dari total cacat menjadi 44% dari total cacat, dan dampaknya adalah penambahan nilai hemat sebesar Rp. 50.580.430. Dengan menerapkan metode DMAIC SIX SIGMA dapat meningkatkan kualitas produk dengan mengurangi persentase kehilangan produk yang berdampak pada laba perusahaan

Published
2020-05-26