PERSEPSI GAP KUALITAS DAN PENGEMBANGAN PRODUK PADA INDUSTRI BERBASIS KEDELAI DI UMKM TAHU CILEUNGSI

  • M Ali Pahmi Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi
  • Ahmad Maulana Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi
  • Mansyur Sidik Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi
  • Rizki Maulana Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi
Keywords: Gap Persepsi kualitas, AHP, NPD, AVAC

Abstract

Latar Belakang Sektor Agribisnis dan sektor industri olahan merupakan dua sektor industri terbesar di Indonesia namun dalam beberapa tahun ini data BPS menunjukan terjadi penurunan pertumbuhan. Kawasan lebak Cileungsi merupakan salah satu kawasan di Cileungsi Bogor yang juga pernah mengalami masa era kejayaan UMKM tahu tempe di tahun 80-90. Namun saat ini, skala industri dan jumlah pengusahanya semakin berkurang. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa gap persepsi kualitas produk tahu tempe berdasarkan 8 dimensi kualitas garvin dan merumuskan rencana pengembangan produk baru yang sesuai dengan ekspektasi market di sekitar area cileungsi. Metode penelitian dimulai dengan data primer awal guna memetakan business process industri tahu tempe dan memetakan formulasi 8 dimensi kualitas garvin dalam produk tahu tempe dan sampel kuesioner dan perceptual map terhadap konsumen terkait gap persepsi kualitas produk tahu tempe di area Cileungsi. Hasil dan Pembahasan. Temuan awal penelitian diketahui terdapat gap kualitas antara produsen dan konsumen. Solusi untuk kemudian diformulasikan menjadi masukan dalam framework pengembangan produk NPD yang di validasi dengan metode AVAC. Dengan tujuan mengembangkan dan meningkatkan daya saing produk industri tahu tempe di Cileungsi.

Published
2020-07-31
How to Cite
M Ali Pahmi, Ahmad Maulana, Mansyur Sidik, & Rizki Maulana. (2020). PERSEPSI GAP KUALITAS DAN PENGEMBANGAN PRODUK PADA INDUSTRI BERBASIS KEDELAI DI UMKM TAHU CILEUNGSI . TEKNOSAINS : Jurnal Sains, Teknologi Dan Informatika, 7(2), 129-138. https://doi.org/10.37373/tekno.v7i2.12