Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi-Bogor

  • Awang Surya STTM Cileungsi
Keywords: Kepuasan pelanggan, STT Muhammadiyah Cileungsi, Importance Performance Analysis.

Abstract

Persaingan antar perguruan tinggi meraih calon mahasiswa semakin lama semakin ketat. Oleh karena itu upaya pihak perguruan tinggi untuk memuaskan pelanggan yang dalam hal ini adalah mahasiswa menjadi semakin penting. Pelanggan yang puas adalah media promosi paling efektif, karena mereka akan mempromosikan kepada calon pelanggan yang lain. Demikian pula sebaliknya pelanggan yang kecewa akan menjadi media promosi buruk. Segala upaya merekrut calon pelanggan akan tidak berdayaguna manakala konsumen yang kecewa melakukan kampanye negatif.Maka menjadi penting untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan yaitu para mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi, agar STTM Cileungsi bisa memenangkan persaingan merebut hati calon mahasiswa.Penelitian ini dilakukan dengan interview pada beberapa sampel pelanggan yaitu mahasiswa STT Muhammadiyah Cileungsisebanyak 82 orang dari ketiga Prodi yang ada di STT Muhammadiyah Cileungsi.Metoda analisis yang digunakan adalah menggunakan Importance Performance Analysis. Dari hasil penelitian didapat beberapa faktor yang perlu mendapat perhatian serius karena harapan pelanggan tinggi tetapi kinerja faktor tersebut rendah. Secara berurutan menurut tingkat kesesuaian faktor-faktor tersebut adalah: Fasilitas internet (55,76%), Kualitas ruang kuliah (60,27%), Status akreditasi (60,73%), Status kepemilikan gedung (62,50%), Bursa lapangan kerja (63,38%), Kelengkapan laboratorium (66,67%) dan Kelengkapan buku-buku referensi di perpustakaan kampus (69,86%). Luaran dari penelitian ini adalah karya tulis yang akan dipublikasikan di jurnal intern Sekolah Tinggi Muhammadiyah Cileungsi, Teknosains.

Published
2020-01-28
How to Cite
Awang Surya. (2020). Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi-Bogor. TEKNOSAINS : Jurnal Sains, Teknologi Dan Informatika, 7(1), 43-56. https://doi.org/10.37373/tekno.v7i1.3