Pendampingan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Dengan Pendayagunaan Google Form

Keywords: pendampingan, Google Form, pendidikan dasar, peningkatan kualitas guru

Abstract

Belajar bagi peserta didik sekolah dasar membutuhkan banyak perhatian baik dari guru maupun orang tua. Setiap pemberian materi ajar dan penugasan tentunya membutuhkan umpan balik sehingga peserta didik mengetahui sejauh mana perkembang pembelajarannya. Tentunya peserta didik ingin tetap mendapati hal yang serupa baik sebelum pandemi maupun saat pandemi. Faktanya, saat pandemi terbentuk pembudayaan yang baru berupa penugasan yang dirasakan jauh lebih banyak dan membutuhkan peran orang tua untuk mengirimkan ke guru kelasnya. Penggunaan whatsapp sebagai media komunikasi dan sebagai media pengiriman berkas hasil pekerjaan peserta didik memang sudah cukup menjadi kebudayaan baru di SD Setia Bhakti. Namun, semakin bertambahnya jumlah penugasan, maka semakin bertambah pula dokumen yang harus diperiksa, dinilai dan diberikan umpan balik oleh guru. Sebagai tawaran solusi, guru harus memiliki suatu keterampilan mendokumentasikan pembelajarannya dengan baik. Melalui aplikasi yang telah ada di masyarakat, guru dan orang tua diajak untuk mendayagunakan aplikasi Google Form. Berdasarkan paparan di atas, maka program pengabdian masyarakat ini ditujukan untuk mendampingi pembelajaran daring dengan pendayagunaan google form. Program ini menghasilkan 77% guru mampu mengoptimalkan pembelajaran dengan mendayagunakan Google Form dengan aplikasi ini pendokumentasian dapat dilakukan secara mandiri oleh peserta didik melalui bantuan orang tua

Author Biography

Fachri Helmanto, Universitas Djuanda

Scopus Author ID: 57217031989

GS ID: https://scholar.google.com/citations?user=2K6SndcAAAAJ

Published
2021-09-30