Penerapan media ritatoon dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan media Ritatoon dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Al Fitrah Pamulang. Kemampuan berbicara merupakan aspek fundamental dalam perkembangan bahasa anak usia dini, yang berperan penting dalam interaksi sosial, kesiapan akademik, dan ekspresi diri. Namun, berbagai kendala seperti kurangnya stimulasi bahasa, keterbatasan fasilitas pembelajaran, serta perbedaan kemampuan individu anak sering menghambat perkembangan tersebut. Media Ritatoon, dengan kombinasi elemen visual dan naratif, diharapkan menjadi solusi efektif dalam stimulasi kemampuan berbicara anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan guru, siswa, dan orang tua sebagai informan utama. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Ritatoon secara signifikan meningkatkan kemampuan berbicara anak. Anak-anak menunjukkan peningkatan dalam kosakata, struktur kalimat, dan kepercayaan diri berbicara di depan umum. Selain itu, keterlibatan anak dalam pembelajaran menjadi lebih aktif dan interaktif. Faktor keberhasilan penerapan media Ritatoon meliputi peran aktif guru dalam mendesain aktivitas pembelajaran yang kreatif, dukungan orang tua di rumah, serta pemilihan materi yang relevan dengan kebutuhan anak. Penelitian ini merekomendasikan integrasi media Ritatoon dalam kurikulum TK untuk mendukung perkembangan bahasa anak secara lebih optimal
Copyright (c) 2025 Yeni Trisilaningsih, Nita Priyanti, Wening Rahayu Wening

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.