Asistensi mengajar: pengenalan alat peraga taring baru pada pembelajaran matematika di SDN 119 belalang
Abstract
Salah satu kompetensi penting bagi guru adalah kompetensi pedagogik yang harus terus ditingkatkan agar keterampilan dalam mengelola kelas meningkat. Langkah yang dapat diambil yaitu dengan mengenalkan media pembelajaran berupa alat peraga sebagai jembatan dalam menyampaikan bahan ajar. Pada jenjang sekolah dasar, materi matematika memerlukan media pembelajaran berupa alat peraga agar siswa dapat menguasai konsep matematika secara nyata dengan memanfaatkan alat peraga yang konkret. Kenyataan di lapangan SDN 119 Belalang Kelurahan Mataran dimana penggunaan media pembelajaran hanya untuk sebagian materi pokok yang dipahami, sehingga perlu diadakan pengenalan dan praktik penggunaan media pembelajaran matematika. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan praktik penggunaan alat peraga matematika TARING BARU (Putaran Jaring-Jaring Bangun Ruang) pada guru di SDN 119 Belalang Kelurahan Mataran. Hal ini dianggap penting untuk membantu guru dalam mengatasi tantangan matematika yang sering dihadapi siswa. Secara umum, kegiatan pengabdian ini menggunakan metode ceramah, demonstrasi penggunaan, praktik langsung, tanya jawab, dan evaluasi. Berdasarkan hasil kegiatan, dapat disimpulkan bahwa alat peraga TARING BARU mendapatkan respon yang positif dari peserta kegiatan dengan persentase rata-rata 90,4. Peserta memahami dan terampil dalam menggunakan alat peraga serta termotivasi untuk mengembangkan keterampilan menggunakan alat peraga pada kegiatan pembelajaran matematika di kelas. Sebab sebelumnya, proses pembelajaran guru terbatas pada visualisasi di papan tulis, sehingga pengetahuan yang diterima siswa masih abstrak. Melalui penggunaan alat peraga, siswa dapat melihat secara langsung benda konkret yang berkaitan dengan materi yang disampaikan guru. Sehingga kegiatan pengabdian ini memiliki efek positif bagi guru-guru sekolah dasar dalam menerapkan media pembelajaran di sekolah.
Copyright (c) 2025 Umul Haeri, Aisyah Nursyam, Andi Trisnowali MS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.