ANALISIS PERBANDINGAN TEKANAN TIPE POMPA BAHAN BAKAR INJEKSI DAN TIPE BAHAN BAKAR MEKANIK

Keywords: Sistem Bahan Bakar, Tekanan, Tipe Pompa Bahan Bakar, Fuel Injection Pump

Abstract

Pada saat praktek untuk menentukan efisiensi bahan bakar dengan menggunakan pompa injeksi dan pompa bahan bakar mekanik, ditemukan abnormality terhadap salah satu pompa bahan bakar. Dengan kejadian tersebut menarik untuk dilakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan menentukan tingkat efisiensi antara pompa bahan bakar untuk kendaraan jenis injeksi dan jenis mekanik. Dan merekomendasikan pompa mana yang ideal untuk dipergunakan pada kendaraan. Metode penelitian ini menggunakan dua sampel dari pompa yaitu jenis injeksi yang bekerja dengan mendapatkan daya listrik dan jenis mekanik yang bekerja berdasarkan hasil dari putaran mesin yaitu dari putaran camshaft.  Kedua jenis pompa bahan bakar tersebut akan dibandingkan dengan metode pengumpulan data dan pengukuran yang dilakukan secara langsung. Untuk pompa jenis injeksi dipergunakan pompa bahan bakar yang ada pada kendaraan jenis EFI yaitu avanza 1.3 G. Sedangkan jenis pompa bahan bakar mekanik dipergunakan simulator kijang grand seri 5 K. EFI (Electronic Fuel Injection) adalah  sistem bahan bakar yang mengandalkan pompa elektrik yang diatur oleh sensor atau dimana pengontrolan campuran udara dan bahan bakar dilakukan secara elektronik. Pada jenis ini campuran bahan bakar dan udara selalu sesuai dengan kebutuhan motor bakar, sehingga didapatkan daya motor yang optimal dengan pemakaian bahan bakar yang minimal serta menghasilkan gas buang yang ramah lingkungan. Dari hasil pengetesan tersebut dengan menggunakan 2 tipe pompa bahan bakar didapatkan hasil bahwa yang lebih efisiensi adalah menggunakan pompa bahan bakar injeksi berkisar 15 Psi atau 130,420 kPa (Mekanik) dan 310 kPa (Injeksi).

Published
2021-01-31
How to Cite
Irpan Setiawan, & Wilarso. (2021). ANALISIS PERBANDINGAN TEKANAN TIPE POMPA BAHAN BAKAR INJEKSI DAN TIPE BAHAN BAKAR MEKANIK. TEKNOSAINS : Jurnal Sains, Teknologi Dan Informatika, 8(1), 32-38. https://doi.org/10.37373/tekno.v8i1.73