Author Guidelines

Panduan Penulisan

Sebelum menyiapkan dan mengirimkan naskah artikel, harap perhatikan bahwa penulis tidak disarankan untuk menarik kertas yang dikirimkan setelah proses publikasi (tinjau, salin, tata letak, dll.). Selama ini, BEMAS: Jurnal Bermasyarakat telah menghabiskan sumber daya berharga selain waktu yang dihabiskan dalam proses.

Harap siapkan naskah Anda sebelum dikirim, menggunakan pedoman berikut dan template artikel di bawah ini:

Bahasa dalam Artikel

Makalah dalam bentuk bahasa Indonesia yang baik, secara tata bahasa benas, dan jika artikel Anda tidak dapat dipahami, maka akan ditolak. Bahasa lain dipersilakan. Akan ada biaya terjemahan sebelum pemberitahuan penerimaan publikasi artikel yang dibuat oleh editor BEMAS: Jurnal Bermasyarakat.

Format

File artikel harus disediakan dalam format Microsoft Word. Kami saat ini tidak menerima format lain, seperti file LaTex atau PDF.

Naskah harus diunggah ke sistem BEMAS: Jurnal Bermasyarakat.dan disusun dalam format standar BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, Judul, Penulis, Alamat dan Email, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Pengakuan, dan Referensi. Diketik salah satu sisi kertas putih ukuran A4, dalam satu kolom, satu spasi, jenis huruf time new roman Abad 10 butir dan diberi nomor baris. Margin atas 3 cm, untuk kiri bawah dan kanan 2,5 cm.

Panjang artikel

Artikel harus antara 8-15 halaman, termasuk referensi. Maksimal 3 halaman lampiran diizinkan.

Judul artikel

Judul adalah Kata yang Paling Sedikit, Menjelaskan Isinya Secara Akurat 15 (Lima Belas) kata harus disediakan (Jangan Singkatan)

Detail Penulis dan Karangan

Semua nama penulis utama maupun rekan penulis yang berkontribusi harus ditambahkan dan tanpa singkatan, dan nama mereka diatur dalam urutan publikasi yang benar. Alamat email yang benar harus diberikan hanya oleh penulis yang sesuai. Nama lengkap masing-masing penulis harus ada dalam format persis seperti yang akan ditampilkan untuk publikasi, termasuk atau mengecualikan nama tengah atau inisial yang diperlukan. Afiliasi dari masing-masing penulis yang berkontribusi harus benar pada nama masing-masing penulis.

Kriteria kepengarangan adalah sebagai berikut; Kontribusi substansial terhadap konsepsi atau desain pekerjaan; atau perolehan, analisis, atau interpretasi data untuk pekerjaan; Merancang pekerjaan atau merevisinya secara kritis untuk konten intelektual yang penting; Persetujuan final dari versi yang akan diterbitkan; Kesepakatan untuk bertanggung jawab atas semua aspek pekerjaan dalam memastikan bahwa pertanyaan yang terkait dengan keakuratan atau integritas bagian pekerjaan apa pun diselidiki dan diselesaikan dengan tepat.

Abstrak Terstruktur

Abstrak harus informatif dan cukup jelas, memberikan pernyataan yang jelas tentang masalah, pendekatan atau solusi yang diusulkan, dan menunjukkan temuan dan kesimpulan utama. Abstrak harus 150 sampai 250 kata. Abstrak harus ditulis dalam bentuk lampau. Nomenklatur standar harus digunakan dan singkatan harus dihindari. Tidak ada literatur yang harus dikutip.

Penulis harus menyediakan abstrak terstruktur dalam pengajuan mereka, yang meliputi:

  • Latar Belakang
  • Tujuan
  • Temuan / hasil
  • Kesimpulan

Kata kunci

Kata kunci harus menghindari istilah umum dan jamak serta banyak konsep. Jangan menggunakan kata atau istilah dalam judul sebagai kata kunci. Kata kunci ini akan digunakan untuk tujuan pengindeksan.. Jumlah kata kunci maksimum adalah 5 (lima) frasa.

Organisasi Artikel

Badan artikel harus diatur (setidaknya) ke dalam struktur IMRaD sebagai berikut;

  • Bagian pendahuluan harus memberikan latar belakang yang jelas, pernyataan masalah yang jelas, literatur yang relevan tentang subjek, pendekatan atau solusi yang diusulkan, dan nilai baru penelitian yaitu inovasi. Ini harus dapat dimengerti oleh kolega dari berbagai disiplin ilmu. Pendahuluan harus ditulis menggunakan 700 sampai 1500 kata.
  • Bagian Metode memberikan rincian yang cukup untuk memungkinkan pekerjaan di reproduksi oleh seorang peneliti independen. Metode yang sudah diterbitkan harus dirangkum dan ditunjukkan dengan referensi. Jika mengutip langsung dari metode yang diterbitkan sebelumnya, gunakan tanda kutip, dan juga mengutip sumbernya. Setiap modifikasi pada metode yang ada juga harus dijelaskan. Tunjukkan peserta yang diamati, termasuk data demografis, jumlah responden, alasan pemilihan responden, dll. Jelaskan desain eksperimen, seperti prosedur eksperimen, survei, wawancara, karakteristik pengamatan, dll. Tulis prosedur penelitian lengkap. Pastikan bahwa penjelasan yang dibuat dalam artikel akan memungkinkan peneliti lain untuk mereproduksi karya, atau membuat pekerjaan di masa depan darinya. Bagian Teori harus memperluas, bukan mengulangi, latar belakang artikel yang sudah dibahas dalam Pendahuluan dan meletakkan dasar untuk pekerjaan lebih lanjut. Bagian Perhitungan mewakili perkembangan praktis dari dasar teori. Bahan dan metode harus ditulis menggunakan 500 sampai 700 kata.
  • Hasil dan Pembahasan. Tulis hasil dalam urutan logis. Hasil dengan temuan penting harus ada terlebih dahulu. Saat menyajikan hasil dalam tabel atau gambar, jangan ulangi semua konten itu dalam teks. Hanya sajikan ringkasan teks. Jelaskan hanya aspek-aspek baru dan penting dari pembahasan artikel ini. Jangan ulangi semua informasi dari bagian hasil atau bagian mana pun di atas. Batasan penelitian saat ini. Tulis masalah yang baru atau belum terpecahkan, untuk penelitian di masa depan. Bagian ini terdiri dari informasi tentang Apa / Bagaimana data yang disajikan diproduksi, tidak ada data mentah yang harus disajikan dalam artikel. Data yang dihasilkan disajikan dalam tabel, atau gambar dengan penjelasan tentang apa hasil / temuan dari pekerjaan. Bagian ini juga perlu membahas hubungan antara temuan dan konsep dasar atau hipotesis yang dibuat sebelumnya. Penulis juga harus mengungkapkan apakah ada argumen yang diperlukan terkait dengan karya lain dari peneliti lain. Tuliskan implikasi yang dibuat oleh pekerjaan yang berkaitan dengan teori atau aplikasi. Satuan ukur yang digunakan harus mengikuti sistem internasional yang berlaku. Semua gambar dan tabel ditempatkan secara terpisah di akhir halaman naskah dan harus aktif dan dapat diedit oleh editor.
  • Bagian Kesimpulan. Kesimpulannya harus dijelaskan dengan jelas. Saran ditempatkan setelah kesimpulan berisi rekomendasi penelitian yang dilakukan atau masukan yang dapat digunakan langsung oleh konsumen. Kesimpulan dan saran harus ditulis menggunakan 100 sampai 200 kata..

Biografi dan Ucapan Terima Kasih

Mereka yang berkontribusi tetapi tidak memenuhi semua kriteria untuk kepenulisan tidak harus terdaftar sebagai penulis, tetapi mereka harus diakui di akhir teks. Hanya nama-nama orang tetapi bukan peran mereka yang harus ditulis di bawah bagian pengakuan. Penulis harus menyatakan semua sumber pendanaan penelitian eksternal dalam artikel mereka dan pernyataan untuk efek ini harus muncul di bagian Ucapan Terima Kasih. Sebutkan sumber hibah dan orang yang menerima hibah. Sebutkan nama orang yang akan membantu Anda bekerja.

Penulis yang ingin memasukkan barang-barang ini harus menyimpannya bersama-sama dalam file MS Word untuk diunggah dengan kiriman. Jika mereka harus dimasukkan, biografi profesional singkat maksimum 100 kata harus disediakan untuk masing-masing penulis bernama.

Kategori Artikel

Penulis harus mengategorikan makalah mereka sebagai bagian dari informasi artikel. Kategori yang paling dekat menggambarkan makalah mereka harus dipilih dari daftar di bawah ini.

  • makalah pengabdian. Kategori ini mencakup makalah yang melaporkan semua jenis pengabdian yang dilakukan oleh penulis. Pengabdian dapat melibatkan luaran dari pengabdian, pelatihan, workshop, yang ada keterkaitan dengan hal kemasyarakatan, serta dalam hal proses.
  • makalah teknis. Menjelaskan dan mengevaluasi produk, proses, atau layanan teknis.
  • makalah konseptual. Makalah ini tidak akan didasarkan pada bidang pengabdian.

Headings

Judul harus singkat, dengan indikasi yang jelas tentang perbedaan antara hierarki judul. Formatnya disediakan di template artikel.

Catatan / Catatan Akhir

Catatan atau Catatan Akhir harus digunakan hanya jika benar-benar diperlukan dan harus diidentifikasi dalam teks dengan angka berurutan, dilampirkan dalam tanda kurung siku dan terdaftar di akhir artikel.

Tokoh

Semua Gambar (grafik, diagram, gambar garis, halaman web / tangkapan layar, dan gambar foto) harus diserahkan dalam bentuk elektronik. Semua Angka harus berkualitas tinggi, dapat dibaca, dan dinomori secara berurutan dengan angka Arab. Grafik dapat diberikan dalam warna untuk memudahkan penampilan mereka pada basis data online. Angka yang dibuat dalam MS Word, MS PowerPoint, MS Excel harus diberikan dalam format asli mereka. Tokoh elektronik yang dibuat dalam aplikasi lain harus disalin dari perangkat lunak asal dan disisipkan ke dalam dokumen templat MS Word. Gambar fotografi harus disisipkan di bagian utama artikel dan berkualitas tinggi.

Tabel

Tabel harus diketik dan dimasukkan dalam bagian utama artikel. Posisi tabel harus disisipkan dalam teks sedekat mungkin dengan titik referensi. Pastikan bahwa superskrip atau tanda bintang ditampilkan di sebelah item yang relevan dan tampilkan penjelasan yang sesuai sebagai catatan kaki pada tabel, gambar, atau pelat

Kategori Artikel

Penulis harus mengategorikan makalah mereka sebagai bagian dari informasi artikel. Kategori yang paling dekat menggambarkan makalah mereka harus dipilih dari daftar di bawah ini.

  • makalah penelitian. Kategori ini mencakup makalah yang melaporkan semua jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis. Penelitian dapat melibatkan konstruksi atau pengujian model atau kerangka kerja, penelitian tindakan, pengujian data, penelitian pasar atau survei, penelitian empiris, ilmiah, atau laboratorium.
  • makalah teknis. Menjelaskan dan mengevaluasi produk, proses, atau layanan teknis.
  • makalah konseptual. Makalah ini tidak akan didasarkan pada penelitian tetapi akan mengembangkan hipotesis. Makalah-makalah ini cenderung bersifat diskursif dan akan mencakup diskusi filosofis dan studi banding dari pekerjaan dan pemikiran orang lain.
  • Laporan studi kasus. Studi kasus menggambarkan intervensi atau pengalaman aktual dalam organisasi. Mereka mungkin subjektif dan umumnya tidak akan melaporkan penelitian. Deskripsi kasus hukum atau studi kasus hipotesis yang digunakan sebagai latihan mengajar juga akan masuk dalam kategori ini.

Headings

Judul harus singkat, dengan indikasi yang jelas tentang perbedaan antara hierarki judul. Formatnya disediakan di template artikel.

Catatan / Catatan Akhir

Catatan atau Catatan Akhir harus digunakan hanya jika benar-benar diperlukan dan harus diidentifikasi dalam teks dengan angka berurutan, dilampirkan dalam tanda kurung siku dan terdaftar di akhir artikel.

Figures

Semua Gambar (grafik, diagram, gambar garis, halaman web / tangkapan layar, dan gambar foto) harus diserahkan dalam bentuk elektronik. Semua Angka harus berkualitas tinggi, dapat dibaca, dan dinomori secara berurutan dengan angka Arab. Grafik dapat diberikan dalam warna untuk memudahkan penampilan mereka pada basis data online. Angka yang dibuat dalam MS Word, MS PowerPoint, MS Excel harus diberikan dalam format asli mereka. Tokoh elektronik yang dibuat dalam aplikasi lain harus disalin dari perangkat lunak asal dan disisipkan ke dalam dokumen templat MS Word. Gambar fotografi harus disisipkan di bagian utama artikel dan berkualitas tinggi.

Tabel

Tabel harus diketik dan dimasukkan dalam bagian utama artikel. Posisi tabel harus disisipkan dalam teks sedekat mungkin dengan titik referensi. Pastikan bahwa superskrip atau tanda bintang ditampilkan di sebelah item yang relevan dan tampilkan penjelasan yang sesuai sebagai catatan kaki pada tabel, gambar, atau pelat.

Referensi

BEMAS: Jurnal Bermasyarakat lebih memilih artikel yang merujuk terutama pada artikel jurnal, laporan penelitian, dan proses konferensi, daripada sangat bergantung pada buku teks atau buku pegangan untuk menunjukkan kebaruan artikel dalam subjek yang dibahas. Penggunaan Mendeley sebagai alat dalam referensi lebih disukai dan dianjurkan. Referensi harus diperiksa dengan teliti untuk kelengkapan, keakuratan, dan konsistensi.

Penulis harus mengutip publikasi dalam teks mengikuti gaya kutipan APA. Di akhir makalah, daftar referensi dalam urutan abjad harus disediakan sebagai berikut:

DVD:

  1. Holm, Narrator, and J. Fullerton-Smith, Producer, How to Build a Human [DVD]. London: BBC; 2002.

Sound recording (physical copy eg on CD):

D. Fisher, Writer, and T. Baker, Presenter, Doctor Who and the Creature From the Pit [Sound recording]. Bath, UK: BBC Audiobooks, 2009.

BBC. 1994. Country pub at lunchtime. Essential sound effects of England. [Sound recording]. London: BBC Enterprises.

Sound recording (online):

Watts, D. 1984. Oriolus larvatus: African Black-headed Oriole - Oriolidae. [Sound recording]. [Accessed 15 July 2017]. Available from: http://sounds.bl.uk/

Video Recording:

  1. Rogers, Writer and Director, Grrls in IT [Videorecording]. Bendigo, Vic. : Video Education Australasia, 1999.

YouTube/Vimeo Video:

Author, A. A. [User name]. (year, month day). Title of video [Video]. Publisher (e.g., YouTube, Vimeo etc.). https:// www.www.www.

NRK. "Medieval helpdesk with English subtitles," YouTube, Feb. 26, 2007 [Video file]. Available: http://www.youtube.com/watch?v=pQHX-SjgQvQ. [Accessed: Jan. 28, 2014].

Martinez, B.  (2009, July 21). Flamenco classes for children with Barbara Martinez (NYC) [Video]. YouTube. https://youtu.be/4qEClG5x-b8.

Chapter or Article in Edited Book:

Rezi and M. Allam, "Techniques in array processing by means of transformations, " in Control and Dynamic Systems, Vol. 69, Multidemsional Systems, C. T. Leondes, Ed. San Diego: Academic Press, 1995, pp. 133-180.

Lawrence, J. A., &  Dodds, A. E. (2003). Goal-directed activities and life-span development. In J. Valsiner & K. Connolly (Eds.), Handbook of developmental psychology (pp. 517-533). Sage Publications

 

Book: Single Author:

Author surname, Initial. (Year). Title of book (edition). Place of publication: Publisher.

W.-K. Chen, Linear Networks and Systems. Belmont, CA: Wadsworth, 1993, pp. 123-135

Cottrell, S. (2013). The study skills handbook (5th ed.). Basingstoke: Palgrave Macmillan.

Book: Two or More Authors:

  1. J. Gelinas, Jr., S. G. Sutton, and J. Fedorowicz, Business Processes and Information Technology. Cincinnati: South-Western/Thomson Learning, 2004.

Soto, C. J., & John, O. P. (2017). The next big five inventory (BFI-2): Developing and assessing a hierarchical model with 15 facets to enhance bandwidth, fidelity, and predictive power. Journal of Personality and Social Psychology113(1), 117-143. http://dx.doi.org/10.1037/pspp0000096

Book: Three or More Authors:

Nguyen, T., Carnevale, J. J., Scholer, A. A., Miele, D. B., & Fujita, K. (2019). Metamotivational knowledge of the role of high-level and low-level construal in goal-relevant task performance. Journal of Personality and Social Psychology, 117(5), 879-899. http://dx.doi.org/10.1037/pspa0000166

Book: More Than Twenty Authors:

Pegion, K., Kirtman, B. P., Becker, E., Collins, D. C., LaJoie, E., Burgman, R., Bell, R., DelSole, R., Min, D., Zhu, Y., Li, W., Sinsky, E., Guan, H., Gottschalck, J., Metzger, E. J., Barton, N. P., Achuthavarier, D., Marshak, J., Koster, R., . . .  Kim, H. (2019). The subseasonal experiment (SubX): A multimodel subseasonal prediction experiment. Bulletin of the American Meteorological Society100(10), 2043-2061. https://doi.org/10.1175/BAMS-D-18-0270.1

Book: Organisation as Author:

World Bank, Information and Communication Technologies: A World Bank group strategy. Washington, DC: World Bank, 2002.

National Fire Protection Association. (2009). Fundamentals of fire fighting skills (2nd ed.). Sudbury, MA: Jones and Bartlett.

Book with the same organization as author and publisher:

American Psychological Association. (2009). Publication manual ofthe American Psychological Association (6th ed.). Washington, DC:Author.

Book: Government Agency as Author:

Australia. Attorney-Generals Department., Digital Agenda Review, 4 Vols. Canberra: Attorney General's Department, 2003.

Gilmore, J., Woollam, P., Campbell, T., McLean, B., Roch, J., & Stephens, T. (1999). Statistical report on the health of Canadians: Prepared by the Federal, Provincial and Territorial Advisory Committee on Population Health. Health Canada, Statistics Canada, Canadian Institute for Health Information.

Book: No Author:

The Oxford Dictionary of Computing, 5th ed. Oxford: Oxford University Press, 2003.

The theory of care. (1978). Hazards of primary care in aging populations (2nd ed). Philadelphia, PA: J.B. Lippincott

Book: Editor:

Author’s Last Name, First Initial. Second Initial. (YEAR). Title of chapter. In Editor's First Initial. Last Name (Ed.), Title of the book. Place of Publication: Publishing Company.

  1. Sarunyagate, Ed., Lasers. New York: McGraw-Hill, 1996.

Book: Different Editions:

  1. Schwalbe, Information Technology Project Management, 3rd ed. Boston: Course Technology, 2004.

Smith, P. (2012). Cut to the chase: Online video editing and the Wadsworth constant (3rd ed.). Washington, DC: E & K Publishing

Scientific/Technical Report:

Author(s) Initial(s). Surname(s), “Title of Report,” Publisher, Place of Publication City, (abbrev. US State or Country if the City is not 'well known'), Report number/Type (if available), Abbrev. Month. (Day if available), Year of Publication.
[29] K. E. Elliott and C.M. Greene, "A local adaptive protocol," Argonne National Laboratory, Argonne, France, Tech. Rep. 916-1010-BB, 1997.

Conference Paper in Print:

  1. Liu and H. Miao, "A specification based approach to testing polymorphic attributes," in Formal Methods and Software Engineering: Proc. of the 6th Int. Conf. on Formal Engineering Methods, ICFEM 2004, Seattle, WA, USA, November 8-12, 2004, J. Davies, W. Schulte, M. Barnett, Eds. Berlin: Springer, 2004. pp. 306-19.

Conference Paper from the Internet:

  1. Lach, "SBFS: Steganography based file system," in Proc. of the 2008 1st Int. Conf. on Information Technology, IT 2008, 19-21 May 2008, Gdansk, Poland [Online]. Available: IEEE Xplore, http://www.ieee.org. [Accessed: 10 Sept. 2010].

Conference Proceedings:

  1. J. van Weert and R. K. Munro, Eds., Informatics and the Digital Society: Social, ethical and cognitive issues: IFIP TC3/WG3.1&3.2 Open Conf.e on Social, Ethical and Cognitive Issues of Informatics and ICT, July 22-26, 2002, Dortmund, Germany. Boston: Kluwer Academic, 2003.
    E-book
    [33] L. Bass, P. Clements, and R. Kazman, Software Architecture in Practice, 2nd ed. Reading, MA: Addison Wesley, 2003. [Online] Available: Safari e-book.

Chapter from an E-book:

  1. Kawecki, "Fuel preparation," in Combustion Engineering Issues for Solid Fuel Systems, B.G. Miller and D.A. Tillman, Eds. Boston, MA: Academic Press, 2008, 199-240. [Online] Available: Referex.

Article from an Electronic Encyclopaedia:

  1. S. Thompson and M. P. Harmer, "Nanoscale ceramic composites," in Encyclopedia of Materials: Science and Technology, K. H. J. Buschow, R. W. Cahn, M. C. Flemings, B. Ilschner, E.J. Kramer, S. Mahajan, and P. Veyssière, Eds. Amsterdam: Elsevier, 2001, pp. 5927-5930. [Online]. Available: ScienceDirect.

Journal Article from a Full Text Database:

  1. Ayasso and A. Mohammad-Djafari, "Joint NDT Image Restoration and Segmentation Using Gauss-Markov-Potts Prior Models and Variational Bayesian Computation," IEEE Transactions on Image Processing, vol. 19, no. 9, pp. 2265-77, 2010. [Online]. Available: IEEE Xplore, http://www.ieee.org. [Accessed Sept. 10, 2010].

Journal Article from the Internet:

  1. H. C. Eilers and J. J. Goeman, "Enhancing scatterplots with smoothed densities," Bioinformatics, vol. 20, no. 5, pp. 623-628, March 2004. [Online]. Available: www.oxfordjournals.org. [Accessed Sept. 18, 2004].

Electronic Document:

European Telecommunications Standards Institute, "Digital Video Broadcasting (DVB): Implementation guidelines for DVB terrestrial services; transmission aspects," European Telecommunications Standards Institute, ETSI TR-101-190, 1997. [Online]. Available: http://www.etsi.org. [Accessed: Aug. 17, 1998].

Government Publication:

Australia. Department of of Education, Employment and Workplace Relations, Survey on Changes in Awareness and Understanding of Science, Engineering and Technology: Report on findings. Canberra: The Department; 2008. [Online]. Available: http://www.dest.gov.au/NR/rdonlyres/241263CF-8585-4EEC-B104-C947C6C18029/23713/SurveyonChangesinawarenessunderstandingofSET.pdf. [Accessed: Sept. 7, 2010].

Whole Internet Site:

  1. Geralds, "Sega Ends Production of Dreamcast," vnunet.com, para. 2, Jan. 31, 2001. [Online]. Available: http://nl1.vnunet.com/news/1116995. [Accessed: Sept. 12, 2004].

Journal Article in Print: Abbreviated titles:

  1. Liu, K. Y. Lee, and H. F. Jordan, "TDM and TWDM de Bruijn networks and shufflenets for optical communications," IEEE Trans. Comp., vol. 46, pp. 695-701, June 1997.

Journal Article in Print: Full titles:

  1. R. Beveridge and E. M. Riseman, "How easy is matching 2D line models using local search?" IEEE Transactions on Pattern Analysis and Machine Intelligence, vol. 19, pp. 564-579, June 1997.

Unpublished Thesis:

  1. W. Dixon, "Application of neural networks to solve the routing problem in communication networks," Ph.D. dissertation, Murdoch Univ., Murdoch, WA, Australia, 1999.

Published Thesis:
M. Lehmann, Data Access in Workflow Management Systems. Berlin: Aka, 2006.

Thesis from a Full Text Database:

  1. Sudweeks, Development and Leadership in Computer-Mediated Collaborative Groups. PhD [Dissertation]. Murdoch, WA: Murdoch Univ., 2007. [Online]. Available: Australasian Digital Theses Program.