Author Guidelines

Panduan Penulis (AUTHOR GUIDLINES)

 

Pedoman Penulis

Pedoman Penulis JTTM : Jurnal Terapan Teknik Mesin

1. Pengantar

JTTM : Jurnal Terapan Teknik Mesin: adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Itu di tingkat nasional yang mencakup banyak masalah umum atau masalah yang berkaitan dengan ilmu administrasi publik. Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide, teori dan hasil terapan penelitian yang telah dicapai di bidang Analisa Struktur, Material Teknik, Metalurgi, Kinematika, Dinamika, Termodinamika, Perpindahan Kalor, Teknik Material, Desain dan Manufaktur, Mesin Konversi Energi, Teknik Pendingin/Refrigrasi, Mekanisa Fluida, Mesin Fluida, Aerodinamika, Hidrodinamika, Metrologi, Getaran Mekanik, Otomasi Industri, Mekatronika.

JTTM : Jurnal Terapan Teknik Mesin, Jurnal ini diindeks dalam Google Cendekia. Dewan Editorial Teknosains: Jurnal Sains, Teknologi dan Informatika mengundang Anda untuk mengirimkan naskah Anda untuk diterbitkan dalam jurnal ini. Contoh penulisan format artikel adalah DI SINI.

2. Cara Menulis Judul, Nama, dan Alamat Penulis

Judul naskah harus ditulis di bagian atas halaman pertama dengan perataan teks tengah. Sementara itu, nama penulis (tanpa gelar akademis), dan alamat afiliasi penulis, harus ditulis dengan penyelarasan teks tengah juga di bawah judul artikel. Penulis harus memberikan dua spasi garis antara judul dan nama penulis. Kemudian, ruang antara alamat afiliasi penulis dan judul abstrak adalah satu ruang. Kata kunci harus ditulis di bawah abstrak keseluruhan untuk semua kata. Itu harus diatur dalam urutan abjad dan dipisahkan dengan titik koma maksimal tiga hingga lima kata. Selain itu, judul artikel yang ditulis dalam Bahasa Indonesia juga harus dinyatakan dalam bahasa Inggris (lihat contoh di atas).

Penulis yang bertanggung jawab, penulis korespondensi, atau penulis yang sesuai harus ditulis terlebih dahulu dan kemudian diikuti oleh yang kedua, ketiga, dan seterusnya. Komunikasi mengenai revisi artikel dan pernyataan akhir akan diinformasikan melalui email ke penulis korespondensi saja. Jika ada lebih dari satu penulis, nama penulis harus ditulis secara terpisah oleh koma (,). Jika nama penulis terdiri dari setidaknya dua kata, nama depan tidak boleh disingkat. Jika nama penulis hanya satu kata, itu harus ditulis apa adanya. Namun, dalam versi online ini akan ditulis dalam dua kata dengan nama yang sama berulang kali untuk tujuan pengindeksan metadata. (Fendy dan Satrio, 2011; Fredy, 2019).

3. Panduan Umum Naskah (The Manuscript General Guidelines)

Pedoman umum naskah teks adalah sebagai berikut:

  1. Naskah adalah hasil teknosains otentik yang belum dipublikasikan di media publikasi lain atau penerbit.

  2. Naskah tidak mengandung unsur plagiarisme. Dewan editorial akan langsung menolak teks yang mengindikasikan plagiarisme.

  3. Pengajuan dan proses publikasi gratis, tanpa biaya tambahan.

  4. Naskah yang telah ditulis di bawah pedoman Teknosains : Jurnal Sains, Teknologi dan Informatika: (dalam format MS Word, gunakan template artikel ini) harus diserahkan melalui Sistem Pengajuan Online menggunakan Open Journal System (OJS) pada Teknosains: Jurnal Sains, Teknologi dan Informatika (http://jurnal.sttmcileungsi.ac.id/index.php/tekno) hanya memilih satu prosedur. Kemudian, daftar sebagai salah satu penulis atau pengulas di bawah "Daftar".

  5. Pedoman dan template penulisan artikel manuskrip dapat diunduh. Template dan pedoman penulisan artikel tersedia dalam format MS Word (.doc).

  6. Naskah kiriman online dapat dilihat di bagian pedoman kiriman online di bawah ini.

  7. Naskah yang tidak sesuai dengan pedoman penulisan Teknosains: Jurnal Sains, Teknologi dan Informatika: Teknosains: Jurnal Sains, Teknologi dan Informatika: akan dikembalikan kepada penulis sebelum proses peninjauan.

  8. Naskah harus memuat beberapa aspek dari artikel ilmiah sebagai berikut: (subtitle sebagai urutannya), yaitu: (a) judul artikel, (b) nama penulis (tanpa judul akreditasi), (c) penulis yang terafiliasi alamat, (d) email penulis (e) abstrak dan kata kunci, (f) pendahuluan, (g) metode penelitian (h), temuan penelitian dan diskusi (i), kesimpulan (j), referensi .

  9. Subtitle yang termasuk dalam bagian diskusi (Pendahuluan, Tinjauan Teoritis, Metode Penulisan, Hasil dan Diskusi, dan Kesimpulan) harus diberi nomor dalam urutan penomoran Arab mulai dari satu. Subtitle ditulis dalam format huruf tebal dan judul. Ini menggunakan perataan teks kiri tanpa menggarisbawahi. Subtitle diperluas berikutnya harus ditulis dalam format huruf tebal dan kalimat, harus menggunakan perataan teks kiri dan format penomoran tingkat dua.

  10. Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan bahasa standar. Naskah harus terdiri dari lima belas (15) hingga dua puluh lima (25) halaman termasuk gambar dan tabel. Teks naskah harus ditulis sebagai templat artikel ini dalam mode siap kamera. Artikel ini ditulis di atas kertas berukuran A4 (210x297 mm), dengan margin khusus sebagai berikut: kiri 25 mm, kanan 25 mm, bawah 25 mm, dan atas 30 mm.

  11. Teks artikel harus dalam Time New Roman, ukuran font 11pt, spasi 1 baris, 1 kolom.

  12. Kata-kata dari bahasa asing atau bahasa inggris dinyatakan dalam format Italic (miring). Setiap paragraf dimulai 10mm dari perbatasan sisi kiri sementara tidak ada spasi di antara paragraf. Semua angka ditulis dalam format penomoran Arabic, kecuali untuk kalimat baru.

  13. Tabel dan gambar ditempatkan dalam grup teks setelah tabel atau gambar yang direferensikan. Setiap gambar harus diberi keterangan (Gambar Keterangan) di bawah gambar dan diberi nomor dalam format penomoran Arabic diikuti dengan judul gambar. Setiap tabel harus diberi judul tabel (Keterangan Tabel) dan diberi nomor dalam format penomoran Arabic di atas tabel diikuti dengan judul tabel. Lampiran gambar harus dijamin dapat dicetak dengan baik (ukuran font, resolusi, dan ruang garis terlihat jelas). Gambar, tabel, dan bagan harus ditempatkan di tengah antara kelompok teks. Jika memiliki ukuran lebih besar, dapat ditempatkan di tengah halaman. Tabel tidak boleh berisi garis vertikal, sementara garis horizontal hanya diperbolehkan untuk titik penting.

4. Penulisan

Judul naskah: Judul harus informatif dan ditulis secara singkat dan jelas. Itu tidak bisa beragam interpretasi. Itu harus tepat dengan masalah yang akan dibahas. Kata awal ditulis dalam huruf kapital dan simetris. Judul artikel tidak mengandung singkatan yang tidak biasa. Ide-ide utama harus ditulis terlebih dahulu dan diikuti oleh penjelasannya. Judul artikel harus ditulis dalam sebelas kata, font berukuran 11pt, dengan pilihan tebal dan dalam format teks tengah. Sementara itu, abstrak harus ditulis dalam maksimal 250 kata dan diikuti dengan tiga hingga lima kata kunci.

Pendahuluan: Pendahuluan harus mengandung (secara berurutan) latar belakang umum dan tinjauan literatur (canggih) sebagai dasar dari pertanyaan penelitian baru, pernyataan dari artikel ilmiah baru, masalah penelitian utama, dan hipotesis. Di bagian akhir pendahuluan, tujuan penulisan artikel harus dinyatakan. Dalam tinjauan literatur untuk menunjukkan merek baru dari artikel ilmiah.

Metode: Metode ini diterapkan untuk memecahkan masalah, termasuk metode analitik. Metode yang digunakan dalam pemecahan masalah penelitian dijelaskan dalam bagian ini.

Hasil dan Pembahasan: Bagian ini terdiri dari hasil dan bagaimana mereka didiskusikan. Hasil yang diperoleh dari penelitian harus didukung oleh data yang memadai. Hasil penelitian dan penemuan harus menjadi jawaban atau hipotesis penelitian yang dinyatakan sebelumnya di bagian pendahuluan.

Simpulan: Ini adalah bagian terakhir yang berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulannya akan menjadi jawaban dari hipotesis, tujuan penelitian dan penemuan penelitian. Kesimpulan tidak harus hanya berisi pengulangan hasil dan diskusi. Itu harus ringkasan hasil penelitian seperti yang diharapkan penulis dalam tujuan penelitian atau hipotesis. Nasihat berisi saran yang terkait dengan ide-ide lebih lanjut dari penelitian.

Referensi: Semua referensi yang digunakan dalam artikel harus terdaftar di bagian ini. Pada bagian ini, semua referensi yang digunakan harus diambil dari sumber primer (jurnal ilmiah dan paling sedikit 80% dari semua referensi) yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Setiap artikel harus memiliki setidaknya sepuluh referensi.

5. Pedoman Kutipan dan Referensi

Penulis harus mengutip beberapa artikel dari Teknosains: Jurnal Sains, Teknologi dan Informatika. Semua data atau kutipan yang disajikan dalam artikel yang diambil dari artikel penulis lain harus melampirkan sumber referensi. Referensi harus menggunakan manajemen aplikasi referensi seperti Mendeley, End Note, atau Zotero. Format penulisan yang digunakan dalam Teknosains : Jurnal Sains, Teknologi dan Informatika mengikuti format yang diterapkan.

6. Pedoman Peninjauan Sastra

Ulasan literatur harus menggunakan manajemen aplikasi referensi seperti Mendeley, End Note, atau Zotero. Format penulisan yang digunakan dalam Jurnal Teknosains : Jurnal Sains, Teknologi dan Informatika mengikuti format yang diterapkan oleh Harvard

7. Pedoman Naskah Submission Online

Naskah naskah harus diserahkan oleh salah satu dari dua sistem (prosedur prosedur yang lebih disukai):

  1. Dokumen tersebut harus diserahkan oleh Sistem Pengajuan Online di Jurnal Teknosains: Jurnal Sains, Teknologi dan Informatika Portal E-jurnal DISINI.

  2. Pertama, penulis harus mendaftar sebagai penulis atau peninjau (memeriksa peran sebagai penulis atau peninjau) di "Daftar" atau DI SINI.

  3. Setelah langkah pendaftaran selesai, masuklah sebagai penulis, klik “Pengiriman Baru”. Tahap pengiriman artikel terdiri dari lima tahap, seperti: (1). Mulai, (2). Kiriman Unggahan, (3). Masukkan Metadata, (4). Unggah File Tambahan, (5). Konfirmasi.

  4. Di kolom "Mulai", pilih Bagian Jurnal (Artikel Lengkap), periksa semua daftar periksa.

  5. Dalam Kolom "Unggah Kiriman", unggah file naskah dalam format MSWord di kolom ini.

  6. Di kolom "Masukkan Metadata", isi dengan semua data penulis dan afiliasi. Termasuk Judul Jurnal, Abstrak dan Kata Kunci Pengindeksan.

  7. Di kolom "Unggah File Tambahan", penulis diizinkan untuk mengunggah file tambahan, surat pernyataan, atau yang lainnya.

  8. Di kolom "Konfirmasi", jika data yang Anda masukkan sudah benar, lalu klik "Selesai Kirim".

  9. Jika penulis mengalami kesulitan dalam proses pengajuan melalui sistem online, silakan hubungi Teknosains: Jurnal sains, teknologi dan informatika tim editorial di jurnal@sttmcileungsi.ac.id.

Frekuensi Publikasi

Teknosains : Jurnal Sains, Teknologi dan Informatika terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli

8. Alur kerja dibagi menjadi 4 tahap:

Kiriman: Di sinilah kiriman baru mendarat saat sedang ditugaskan ke Editor Bagian dan dipertimbangkan untuk pindah ke tahap Tinjauan.

Beberapa pengiriman jelas tidak pantas dan tidak pernah berhasil melampaui tahap ini.

Ulasan: Di sinilah peer review terjadi, serta segala revisi yang diperlukan oleh penulis.

Beberapa pengajuan tidak akan lulus ulasan dan berakhir di sini. Mereka yang diterima pindah ke tahap berikutnya.

Copyediting: Artikel yang diterima pindah ke tahap ini, di mana mereka diperbaiki oleh karya copyeditor. Penulis dapat diberikan kesempatan untuk meninjau salinan.

Produksi: Setelah salinan selesai dan disetujui, pengajuan pindah ke tahap ini. Dalam Produksi, file yang disalin dikonversi ke galai - HTML, XML, PDF, dll. Sekali lagi penulis memiliki kesempatan untuk mengoreksi galai. Setelah semua orang puas, kiriman dijadwalkan untuk publikasi dalam edisi mendatang.

 

Download Template