Peer Review Process

Proses Peer Review

Teknosains : Jurnal Sains, Teknologi dan Informatika menerapkan setiap naskah yang diterima akan melalui proses peninjauan oleh Editor dan pengulas, menggunakan Proses Double-Peer Review, yang mana pengulas tidak mengetahui identitas penulis, dan penulis tidak tahu identitasnya. dari reviewer.

Teknosains : Jurnal Sains, Teknologi dan Informatika menerapkan kebijakan Double Blind Peer-Review, setiap naskah yang diterima akan dikirim ke Reviewer yang terdaftar di Jurnal Sains, Teknologi dan Informatika. Proses peninjauan berlangsung maksimum hingga 30 (tiga puluh) hari dengan alokasi waktu yang diberikan kepada setiap peninjau untuk menyelesaikan proses peninjauannya adalah maksimum sepuluh (10) hari kerja. Jika para mitra yang ditunjuk bestari sebelumnya tidak dapat menyelesaikan pekerjaan ulasannya dalam batas waktu yang ditentukan maka ketua Tim Editorial akan menunjuk pengganti untuk melakukan naskah ulasan pengulas.

Dalam proses peninjauan, pengulas memberikan pertimbangan terkait kompatibilitas antara judul, abstrak, pengantar, diskusi (hasil) dan kesimpulan. Selain itu reviewer juga memberikan pertimbangan terkait dengan kebaruan, dampak ilmiah dan referensi yang digunakan

Proses Peninjauan:

  1. Penulis menyerahkan naskah
  2. Evaluasi Editor [beberapa manuskrip ditolak atau dikembalikan sebelum proses peninjauan]
  3. Proses tinjauan sejawat double-blind
  4. Keputusan Editor (Pengajuan Acceptend, Revisi Diperlukan, Kirim Ulang Untuk Ditinjau, Tolak Pengajuan)
  5. Konfirmasi kepada penulis

Keputusan akhir penerimaan artikel akan dibuat oleh Editor sesuai dengan komentar pengulas. Publikasi artikel yang diterima termasuk urutan artikel yang diterbitkan akan dibuat oleh Pemimpin Redaksi dengan mempertimbangkan urutan tanggal yang diterima dan distribusi geografis penulis.