Penguatan Lingkungan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak dan penguatan citra kelembagaan di Taman Pendidikan Anak Usia Dini Terpadu Putera Zaman

  • Daryono Daryono Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Achmad Fauzan Hery Soegiharto Universitas Muhammadiyah Malang
  • Fajar Trikusuma Universitas Muhammadiyah Malang
  • Laela Nursaumi Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Angga Dwi Aprilio Universitas Muhammadiyah Malang
  • Elvina Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arya Setyo Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: Pengabdian, taman kanak-kanak, pembenahan ruang belajar, maintenance sarana bermain

Abstract

Pengabdian pada Taman Kanak-Kanak (TK) Terpadu Putera Zaman atau PAUD TPZ bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan pembelajaran dan keselamatan anak-anak prasekolah, serta memperkuat citra lembaga melalui perlindungan merek. Kegiatan ini melibatkan tiga bagian utama. Pertama, meliputi perbaikan alat mainan dengan pengelasan, modifikasi, dan pengecatan. Kedua, fokus pada peningkatan tampilan kelas dan lingkungan taman. Ketiga, mencakup proses pendaftaran merek termasuk penelusuran, penyelesaian berkas, dan pendaftaran online pada DJKI. Hasilnya mencakup peningkatan kualitas lingkungan pembelajaran, keselamatan bermain, dan ruang belajar yang menginspirasi kreativitas, serta perawatan yang lebih baik untuk sarana bermain. Partisipasi aktif komunitas TK menegaskan pentingnya kolaborasi dalam mencapai lingkungan pembelajaran optimal di tingkat prasekolah. Penelusuran merek melalui DJKI menunjukkan bahwa merek "Putera Zaman" berpotensi disetujui karena tidak ada merek serupa yang terdaftar. Langkah selanjutnya adalah melengkapi berkas pendaftaran merek dan pembayaran, serta mendaftarkan merek Putera Zaman secara online melalui situs DJKI

Published
2024-09-30