Pengembangan dan edukasi pentingnya legalitas usaha mikro, kecil dan menengah di era digital

  • Tati Universitas Muhammadiyah Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Zuham Azmil M Universitas Muhammadiyah Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Mikail Abdullah Universitas Muhammadiyah Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Wahyu Pratama Universitas Muhammadiyah Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Imadul Bilad Universitas Muhammadiyah Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Keywords: UMKM, legalitas usaha, digitalisasi

Abstract

Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam perekonomian Indonesia telah menjadi hal yang tidak diragukan lagi, namun masih dihadapkan pada berbagai kendala, termasuk kurangnya legalitas usaha dan keterbatasan dalam memanfaatkan potensi penjualan online. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pengembangan UMKM, dengan fokus pada pentingnya legalitas usaha dan pemanfaatan media sosial untuk penjualan online. Metode pengabdian kepada masyarakat digunakan untuk memberikan pemahaman tentang manfaat legalitas usaha dan strategi penjualan online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memiliki legalitas usaha dapat memberikan akses yang lebih baik ke pembinaan pemerintah dan kredit perbankan, sementara pemanfaatan media sosial dapat meningkatkan omset UMKM secara signifikan. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya dukungan pemerintah dalam meningkatkan pemahaman dan akses UMKM terhadap legalitas usaha serta pengembangan keterampilan penjualan online untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka

Published
2024-09-30