Meningkatkan Kemampuan Guru SMK Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui In-House Training
Abstract
Dalam kondisi pandemi Covid-19 dimana mengharuskan guru mengatasi keterbatasan dan kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh, kemampuan menggunakan teknologi yang tepat dan metode mengajar yang menarik dapat memberikan dampak yang besar dalam proses pembelajaran. Di SMK Muhammadiyah Bawang, guru mengalami kesulitan untuk mengembangkan metode mengajar sehingga banyak pembelajaran yang masih monoton dan menjadi krisis kejenuhan bagi peserta didik di tengah situasi PJJ yang semakin berlarut. Guru akan dapat menjalankan pembelajaran dengan lebih variatif jika mampu menguasai dan memahami beberapa aspek diantaranya pemahaman tentang materi, kondisi siswa, situasi lapangan dan latar belakang masing–masing siswa guna dapat menjalankan proses pendidikan yang sesuai dan setara serta adil bagi semua siswa. Kegiatan In House Training (IHT) di SMK Muhammadiyah Bawang ini diikuti oleh 24 peserta yang terdiri dari guru – guru pengampu mata pelajaran di sekolah tersebut. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan yang meliputi ceramah, refleksi, diskusi, konsultasi dan praktik. Tujuan utama kegiatan ini adalah: 1) Peserta mengetahui miskonsepsi PJJ pada masa pandemi; 2) Peserta mengetahui penerapan Strategi 5M untuk PJJ d imasa pandemi; 3) Peserta memiliki kanvas RPP Merdeka Belajar untuk PJJ. Kegiatan ini berdampak baik kepada guru–guru di SMK Muhammadiyah Bawang dalam membangakan metode mengajar selama PJJ. Hal ini ditunjukkan dengan pembuatan kanvas RPP Merdeka Belajar yang lebih baik di akhir pelatihan. Hal ini juga didukung dengan hasil kuesioner menunjukkan kepuasan guru setelah mendapatkan pelatihan serta menerapkan metode tersebut dimana kelas menjadi lebih aktif dan variatif.
Copyright (c) 2021 Madya Giri Aditama, Prasetyawan Aji Sugiharto, Eki Nurwulandari, Aisyiah Happy Hardiyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.