Pelatihan Komprehensif Menulis dan Menyunting Artikel Ilmiah Bagi Guru di Kabupaten Kendal
Abstract
Menulis dan menyunting artikel ilmiah merupakan salah satu proses meningkatkan kulaitas profesional seorang guru, tetapi hal ini masih banyak belum dilakukan oleh guru karena keterbatasan kemampuan. Hal inilah akan menjadi masalah juga nantinya jika artikel ilmiah akan dikirimkan ke jurnal ilmiah. Oleh karena itu, perlunya pelatihan secara komprehensif untuk menulis dan menyunting artikel ilmiah. Pelatihan ini dilaksanakan di Kabupaten Kendal karena masih banyak guru yang belum maksimal dalam menulis, menyunting, dan mempublikasikannya ke jurnal ilmiah. Metode pada kegiatan pengabdian ini menggunakan Project Based Learning dikarenakan dari kegiatan ini menghasilkan luaran berupa artikel ilmiah yang dihasilkan oleh guru. Materi yang dipaparkan dalam penyuluhunan, yaitu (1) Materi tahapan-tahapan menulis, (2) materi ketepatan diksi, kalimat, dan paragraf, (3) materi penggunaan tanda baca yang tepat, (4) tata tulis artikel ilmiah, (5) dan materi menyunting yang tepat dan efektif. Pada kegiatan ini juga menghasilkan artikel ilmiah tentang penulisan dan penyuntingan artikel ilmiah. Dari kegiatan ini juga peserta pelatihan berharap waktu untuk mengikuti pelatihan bisa lebih lama dan terjadwal agar menghasilkan kualitas yang lebih baik lagi.
Copyright (c) 2022 Uki Hares Yulianti, Zulfa Fahmy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.