Pelatihan Penyusunan Instrumen Evaluasi Berstandar HOTS bagi Guru Sekolah Dasar Kelas VI Kecamatan Sukatani
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kegiatan pelatihan penyusunan instrumen evaluasi berstandar HOTS muatan pelajaran bahasa Indonesia bagi Guru Sekolah Dasar Kelas VI Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi. Tahapan kegiatan yang dilakukan terdiri dari 1) penjelasan mengenai berbagai temuan kesalahan dalam penyusunan instrumen evaluasi, 2) penjelasan mengenai perbedaan antara soal-soal yang bersifat LOST dan HOTS, 3) Penyusunan indikator penyusunan instrumen evaluasi yang berstandar HOTS, dan 4) penyusunan instrumen evaluasi untuk muatan pelajaran bahasa Indonesia yang berstandar HOTS. Berdasarkan hasil observasi serta tes akhir dapat diperoleh gambaran, bahwa kegiatan pelatihan yang telah dilangsungkan mampu meningkatkan kompetensi para Guru Sekolah Dasar Kelas VI Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi mengembangkan instrumen evaluasi dalam muatan pelajaran bahasa Indonesia yang berstandar HOTS.
Copyright (c) 2022 Wini Tarmini, Imam Safi'i, Andi Purnama, Ajeng Trisnasasti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.