Pelatihan Penyusunan Instrumen Evaluasi Berstandar HOTS bagi Guru Sekolah Dasar Kelas VI Kecamatan Sukatani

  • Wini Tarmini Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jakarta
  • Imam Safi'i Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jakarta
  • Andi Purnama Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Ajeng Trisnasasti Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Keywords: Pelatihan, instrumen evaluasi, berstandar HOTS

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kegiatan pelatihan penyusunan instrumen evaluasi berstandar  HOTS muatan pelajaran bahasa Indonesia bagi Guru Sekolah Dasar Kelas VI Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi. Tahapan kegiatan yang dilakukan terdiri dari 1) penjelasan mengenai berbagai temuan kesalahan dalam penyusunan instrumen evaluasi, 2) penjelasan mengenai perbedaan antara soal-soal yang bersifat LOST dan HOTS, 3) Penyusunan indikator penyusunan instrumen evaluasi yang berstandar HOTS, dan 4) penyusunan instrumen evaluasi untuk muatan pelajaran bahasa Indonesia yang berstandar HOTS. Berdasarkan hasil observasi serta tes akhir dapat diperoleh gambaran, bahwa kegiatan pelatihan yang telah dilangsungkan mampu meningkatkan kompetensi para Guru Sekolah Dasar Kelas VI Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi mengembangkan instrumen evaluasi dalam muatan pelajaran bahasa Indonesia yang berstandar HOTS.

Published
2022-03-30