Akselerasi pengembangan pembelajaran jarak jauh untuk mahasiswa

  • Titi Darmi University Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Faizal Anwar Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Iqbal Miftakhul Mujtahid Universitas Terbuka, Pondok Cabe, Tangerang, Indonesia
Keywords: Dampak Covid 19, Inovasi Pembelajaran, PJJ

Abstract

Bencana covid 19 ini memaksa Perguruan Tinggi (PT) untuk menyelenggarakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena  belum terbiasa menggunakan teknologi digital pada sistem pembelajaran. Tujuan kegiatan ini adalah agar program studi sebagai pengelola dapat memanfaatkan teknologi dan mampu berdaptasi dengan lingkungan untuk menyelenggarakan proses pembelajaran secara daring. Metode kegiatan dilakukan dengan sosialisasi, pelatihan dan simulasi serta praktik. Hasil kegiatan 85% dosen di lingkungan program studi Administrasi Publik dapat menyelenggarakan PJJ melalui E-learning yang disediakan kampus dan Google Classroom. Solusi yang ditawarkan agar PJJ dapat terlaksana dengan optimal maka Universitas hendaknya memiliki  Learning Management System (LMS) yang mengadopsi model MOOC dan dosen diberi pelatihan untuk dapat membuat konten-konten materi ajar yang menarik.

Published
2022-07-19