Akselerasi pengembangan pembelajaran jarak jauh untuk mahasiswa
Abstract
Bencana covid 19 ini memaksa Perguruan Tinggi (PT) untuk menyelenggarakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena belum terbiasa menggunakan teknologi digital pada sistem pembelajaran. Tujuan kegiatan ini adalah agar program studi sebagai pengelola dapat memanfaatkan teknologi dan mampu berdaptasi dengan lingkungan untuk menyelenggarakan proses pembelajaran secara daring. Metode kegiatan dilakukan dengan sosialisasi, pelatihan dan simulasi serta praktik. Hasil kegiatan 85% dosen di lingkungan program studi Administrasi Publik dapat menyelenggarakan PJJ melalui E-learning yang disediakan kampus dan Google Classroom. Solusi yang ditawarkan agar PJJ dapat terlaksana dengan optimal maka Universitas hendaknya memiliki Learning Management System (LMS) yang mengadopsi model MOOC dan dosen diberi pelatihan untuk dapat membuat konten-konten materi ajar yang menarik.
Copyright (c) 2022 Titi Darmi, Faizal Anwar, Iqbal Miftakhul Mujtahid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.