Strategi Menciptakan Pengalaman Berwisata di Desa Wisata Ciburial

  • Titing Kartika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata YAPARI
  • Emron Edison Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Yapari
  • Nova Riana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Yapari
Keywords: Strategi, pengalaman berwisata, pelayanan

Abstract

Desa Ciburial adalah salah satu Desa Wisata yang ada di Kabupaten Bandung yang memiliki sumber daya alam dan budaya yang mendukung. Salah satu permasalahan yang ada di Desa Wisata Ciburial adalah pada aspek pengelolaan dan layanan pengunjung khususnya bagaimana menciptakan pengalaman wisatawan. Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada pengelola Desa Wisata terkait bagaimana menciptakan pengalaman berwisata bagi para wisatawan sehingga akan menimbulkan memori atau kenangan yang berdampak pada kepuasan wisatawan. Metode yang digunakan berupa penyuluhan berkala dan pola pendampingan berbasis masyarakat. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Juli-September 2021 yang melibatkan para pengelola Desa wisata Ciburial dari berbagai sektor. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta menghasilkan peta lokasi wisata dan sebaran potensi wisata yang dimiliki. Selain itu peserta mendapatkan pelatihan simulasi terkait dengan memberikan layanan wisata optimal dalam penciptaan pengalaman berwisata.

Published
2022-08-09