Pemberdayaan masyarakat nelayan berbasis ekonomi kreatif untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Ujung Lero, Pinrang

  • Irwan Idrus Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Arfianty
  • Muhammad Hatta
Keywords: Pemberdayaan, masyarakat nelayan, ekonomi kreatif

Abstract

Kawasan Pesisir merupakan wilayah yang seringkali terlupakan dan kurang mendapat perhatian dalam pemberdayaan masyarakat desa, khususnya masyarakat nelayan. Tidak optimalnya pemberdayaan masyarakat desa yang berimplikasi pada rendahnya tingkat pendapatan masyarakat nelayan dan kemudian berdampak pada semua lini kehidupan yang sungguh memprihatinkan. Kondisi ini kemudian diperparah dengan situasi pandemi covid-19 menyebabkan ekonomi semakin lesu di wilayah pesisir. Kendala yang dihadapi masyarakat Desa Ujung Lero diantaranya adalah rendahnya kemampuan sumber daya manusia pelaku wirausaha home industry, proses produksi usaha masih sederhana dan belum menerapkan good manufacturing product, tampilan kemasan produk yang masih seadanya sehingga kurang menarik perhatian konsumen, ketidakmampuan dalam pengelolaan keuangan usaha serta sistem pemasaran yang masih sederhana (konvensional), belum memanfaatkan teknologi informasi atau media sosial. Tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan dan kreativitas sumber daya manusia pelaku wirausaha home industry dalam mengelola usahanya baik dari segi proses produksi, pengelolaan keuangan serta sistem pemasaran sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di desa Ujung Lero, melalui kerjasama dengan Organisasi Otonom Pemuda Muhammadiyah yang terdapat di daerah sekitar dalam bidang Ekonomi dan Buruh tani nelayan. Metode yang akan digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui tahapan kegiatan yang diawali dengan sosialisasi dalam bentuk. Forum Group Discussion (FGD) dengan mitra dan stakeholder, pelaksanaan workshop/Pelatihan/Penyuluhan peningkatan kualitas SDM, proses produksi, pengelolaan keuangan serta sistem pemasaran berbasis teknologi informasi, pendampingan usaha dan evaluasi pelaksanaan kegiatan. Hasil dari kegiatan ini adalah pelaku wirausaha home industry memiliki peningkatan kompetensi dan kreativitas pengelolaan usaha baik dari aspek motivasi wirausaha, proses produksi, pengelolaan keuangan usaha serta telah memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dan pemasaran produk.

Published
2023-03-31