LINGKUNGAN EKSTERNAL BISNIS DALAM PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI PADA PERUSAHAAN KERUPUK DI KABUPATEN INDRAMAYU
Abstract
Perkembangan perdangangan modern sangat dipengaruhi dengan kemajuan dan kemudahan dalam sistem informasi. Pelayanan bisnis dan pemasaran sangatlah menunjang dalam pengaksesan dunia digital yang biasa kita kenal dengan e-shop dan e-bisnis. Usaha di zaman milenial tentulah berkembang dalam usaha dari berukuran kecil sampai menengah (IKM) atau industri rumah (home industry). Dengan menjamurnya suatu industri rumah/ IKM, maka masyarakat dapat dikatakan memodernkan zaman, yang mana zaman sebelum mengenal digital hingga mengenal sistem digial. PD. Indrasari merupakan salah satu usaha rumahan atau IKM yang lingkup bisnisnya masih dapat dikatakan konvesional. Strategi bisnis yang masih datar, tanpa adanya layanan bisnis yang menggunakan teknologi dan sistem informasi. Untuk itu, perlunya ada konsep/ gagasan dalam pengembangan usaha yang menggunakan sistem informasi dengan melihat lingkungan bisnis eksternal yang ada di PD. Indrasari. Dengan menggunakan analisis PEST dan analisis Five Porter Forces di dalam metode Ward and Peppard menghasilkan suatu konsep bisnis terutama ekternal dalam pengembangan dan perencanaan strategi sistem informasi, sehingga persaingan bisnis akan lebih terasa oleh PD. Indrasari
Copyright (c) 2020 Sumardiono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.