PENDAMPINGAN BELAJAR DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SAAT PANDEMI COVID-19

  • Elis Lisnawati Universitas Djuanda
  • Niardianysah Niardiansyah Universitas Djuanda
  • Lulu Yuliana Universitas Djuanda
  • Fadil Muhammad Hasan Universitas Djuanda
Keywords: Pendampingan Belajar, Siswa SD, Pendekatan Lingkungan

Abstract

Merebaknya COVID-19 mempengaruhi berbagai sektor kehidupan salah satunya lembaga pendidikan. Kegiatan pembelajaran pada semua tingkat baik SD, SMP, SMA maupun Pendidikan Tinggi (Universitas) dilaksanakan dalam bentuk kegiatan pembelajaran daring (dalam jaringan). Pembelajaran daring memiliki banyak tantangan, beberapa tantangan pembelajaran daring antara lain:  siswa SD di wilayah Kampung Karang Gantung, Sukabumi belum terbiasa melakukan pembelajaran secara online (daring) karena terbiasa belajar didampingi oleh guru,  selain itu ada juga orang tua siswa yang belum terbiasa mendampingi anaknya belajar karena beberapa orang tua memiliki kesibukan lain. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan tawaran alternatif pembelajaran kepada siswa SD dan pemuda untuk turut menjaga kesinambungan kualitas pendidikan meskipun terkena dampak pandemi COVID-19. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan metode pendampingan belajar dengan pendekatan lingkungan yang dilaksanakan dengan memanfaatkan potensi alam di wilayah desa tersebut. Adapun hasil pendampingan belajar ini siswa SD tetap terjaga motivasinya untuk terus belajar.

Published
2020-09-30