Vocabularies Building through Songs for Elementary Students of MI Ma’arif Blendangan Mlangi Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta

  • Nor Faizah Kaeni Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Erwin Rasyid Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Hilda Ramadoni Fauzia Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Zulfa Azizah Ismawati Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Vocabulary building, songs, elementary students

Abstract

Kekayaan kosakata adalah hal yang sangat penting untuk penguasaaan Bahasa Asing tidak terkecuali Bahasa Inggris dan pembelajaran bahasa di usia emas sangatlah penting. Hal ini menjadi satu kendala tersendiri di MI Ma’arif Blendangan. Keterbatasan sumber daya manusia yang dapat mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh MI Maarif Blendangan di desa Mlangi, Nogotirto, Gamping Sleman Yogyakarta. Padahal, usia muda di masa sekolah dasar merupakan usia emas yang akan membantu siswa menguasai Bahasa Asing terutama Bahasa Inggris agar dapat berkompetisi dengan siswa lainnya di luar sana. Selain itu, usia sekolah dasar merupakan masa untuk mempersiapkan diri menempuh pendidikan selanjutnya yang mewajibkan adanya penguasaan mata pelajaran Bahasa Inggris. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan keterampilan Bahasa Inggris dalam pengayaan kosakata melalui lagu pada anak usia Sekolah Dasar. Metode dalam pengabdian ini adalah pembelajaran Bahasa Inggris melalui metode pengayaan kosakata dengan menggunakan lagu di dalam kelas. Selain itu, siswa juga diberikan selingan berupa menggambar dan mewarnai gambar yang sesuai dengan kosakata yang diajarkan melalui lagu. Setiap sesi mencakup 1 kelompok kosakata tertentu dan diadakan sistem previous materials recap sebelum materi berikutnya diberikan. Pelatihan ini dilakukan dalam 9 sesi dan dilakukan pre dan post test bagi siswa didik terkait kosakata yang akan dan telah diajarkan. Hasil dari pengabdian ini berbeda di kelas 1 dan kelas 2 dimana peningkatan kosakata lebih menonjol di kelas 1 dibandingkan di kelas 2. Hal ini dikarenakan kedekatan anak SD kelas 1 dengan masa Taman Kanak Kanak yang masih dekat dengan lagu dalam pembelajaran sedangkan anak kelas 2 tidak tertarik metode lagu dan lebih tertarik dengan pengayaan skill yang lain.

Published
2024-03-31