ICD Edukasi gizi isi piringku dengan media powerpoint di SDN Banjaransari Cikijing

  • Ika Candra Destiyanti Universitas Islam Al-Ihya Kuningan, Jawa Barat, Indonesia
Keywords: Edukasi gizi, powerpoint, gizi seimbang, teori perkembangan

Abstract

Pengenalan gizi seimbang melalui konsep isi piringku menjadi literasi yang diminati untuk anak sekolah dasar terutama di desa banjaransari. Alasan tersebut berdasarkan respon partisipan usia 7 hingga 10 tahun yang antusias terhadap pemaparan materi gizi seimbang selama 2 hari, Tayangan visual yang menarik melalui 10 slide powerpoint dan tayangan video saat acara berlangsung menambah literasi mereka tentang gizi seimbang, malnutrisi dan kandungan gizi dalam piringku. Isi piringku secara semiotik bermakna kandungan gizi dalam konsumsi makanan nya. Tujuan dari kegiatan ini memperkenalkan dan mengedukasi anak sekolah dasar tentang gizi seimbang di dalam setiap makanannya sehingga mereka melek gizi sejak dini. Selain itu dengan edukasi gizi seimbang di sekolah mereka dapat dengan bijak memilih jajanan sehat selama jam istirahat berlangsung.  Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi tanya jawab dengan menggunakan media powerpoint. Kemudian untuk praktek menyusun isi piringku siswa siswi diberikan pilihan slide jenis makanan mana yang lebih disukai ada di dalam isi piring dan melalui implementasinya dengan kegiatan jumat berbagi dengan menu makanan gizi seimbang. Hasil kegiatan dapat menambah edukasi siswa dan siswi sekolah dasar dalam memilih dan menentukan jenis makanan yang tersaji di isi pring mereka. Dapat disimpulkan media powerpoint akan meningkatkan literasi anak tingkat sekolah dasar dalam konsumsi gizi seimbang sehari hari.

Published
2024-03-31