Pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat kunjungan ulang pada poliklinik jantung Rumah Sakit Islam Sakinah Mojokerto

  • Ashalia Alretha Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yayasan Rumah Sakit Dr. Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Surabaya
  • Vinna Amalia Resi Damayanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yayasan Rumah Sakit Dr. Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Surabaya
Keywords: Kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan, minat kunjungan ulang

Abstract

Keluhan mengenai layanan rawat jalan dan frekuensi kunjungan pasien yang naik-turun memberikan bukti potensi pengaruh kualitas layanan yang rendah pada kunjungan berulang dan loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dan bagaimana kualitas pelayanan yang ada di Rumah Sakit Islam Sakinah mempengaruhi kemungkinan pasien untuk Kembali melakukan kunjungan ke poliklinik jantung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik kuantitatif dengan desain cross sectional. Pasien di Poliklinik Jantung Rumah Sakit Islam Sakinah akan dijadikan sebagai subjek penelitian. Besar sampel adalah 95 orang, dan dipilih dengan menggunakan metodologi Simple Random Sampling. Analisis data dengan Uji Regresi Linier Sederhana, Uji Validitas, dan Uji Reliabilitas. Variabel dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan sebagai variabel independen dan minat kunjungan ulang sebagai variabel dependen. Sebagian besar responden 95,7% menganggap tingkat layanan sangat baik, dan 86,3% mengatakan mereka sangat tertarik untuk kembali. Menurut data, ada korelasi 0,000<0,05 antara kualitas layanan dan kunjungan kembali. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan keinginan pelanggan untuk Kembali melakukan kunjungan di Rumah Sakit Islam Sakinah. Rekomendasi dalam penelitian ini yaitu meningkatkan sub variabel Kualitas Pelayanan yang berpengaruh langsung terhadap Minat Kunjungan Ulang yaitu Tangibel, Atmosphere, Process Expertise, Safety Measure, Reliability, Operational Activity, Communication Activity

 

Published
2024-03-31