PERANCANGAN APLIKASI PESAN TANDING FUTSAL DENGAN METODE WATERFALL

  • Sumardiono AMIK Purnama Niaga, Indramayu
  • Mus Mulyadi Maulana Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi
Keywords: FCTS metode, SDLC, waterfall metode, UML

Abstract

Futsal merupakan salah satu jenis olahraga beregu atau berkelompok dan masuk cabang atletik dengan jumlah pemain dalam satu kelompok 5 pemain. Dengan banyaknya minat masyarakat akan olahraga sepak bola (futsal), lebih dari 30 club/team futsal se kecamatan Sindang. Sebanyak 60% dari jumlah itu menjadi pelanggan tetap di Vianos Futsal. Dalam satu minggu lebih dari 20 team/club menyewa lapangan. Jadi, untuk memudahkan penjadwalan dan pengaturan dalam penggunaan lapangan futsal (booking sarana), penulis merancang sistem pengaturan pinjaman lapangan dengan metode First Come First Serve (FCFS) yaitu pertama daftar, maka pertama dilayani. Dalam perancangan sistem informasi pesan tanding futsal, penulis melakukan beberapa metode pengembangan sistem yaitu dengan menggunakan metodologi SDLC. SDLC has a similar set of four fundamental phases: planning, analysis, design, and implementation. Dari hasil penelitian ini diperoleh rancang bangun aplikasi berupa aplikasi login dan register akun, aplikasi penyewaan, aplikasi laporan pemesanan, dan aplikasi atur jadwal. Tentunya masih terdapat kekurangan dalam sistem ini sehingga perlu adanya penelitian berikutnya untuk pengembangan sistem yang lebih baik

Published
2021-06-16