Analisis sentimen ulasan pada e-commerce shopee menggunakan algoritma naive bayes dan support vector machine

  • Tania Puspa Rahayu Sanjaya Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Ahmad Fauzi
  • Anis Fitri Nur Masruriyah
Keywords: E-commerce, Shopee, Analisis Sentimen, Klasifikasi, Naive Bayes, Support Vector Machine

Abstract

Saat ini banyak pelaku bisnis, baik skala besar maupun ritel, yang melakukan transisi atau pengembangan bisnisnya ke digital, terutama dalam bentuk e-commerce. Salah satu aplikasi e-commercece yang paling sering digunakan oleh masyarakata yaitu Shopee. Analisis sentimen digunakan untuk mengklasifikasi analasis sentimen terhadap Shopee menggunakan algoritma Naive Bayes dan Support Vector Machine. Pada pengujian ini menggunakan 2000 data terdiri dari 80% data training dan 20% data testing. Hasil pengujian akurasi, penelitian ini menggunakan confusion matrix, dalam penelitian ini algoritma Naive Bayes dapat melakukan klasifikasi yang lebih baik akurasi yang di dapatkan untuk algoritma Naive Bayes menghasilkan nilai accuracy 85%. Metode Naive Bayes menghasilkan hasil akurasi dan AUC yang lebih baik dari algoritma Support Vector Machine. Algoritma Support Vector Machine mendapatkan nilai akurasi 81%.

Published
2023-06-30