Aplikasi belajar huruf dan angka pada anak usia dini berbasisi augmented reality

  • Mohamad akhmani Akhmani Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Teknologi Yogyakarta, Indonesia
  • Muhammad Fachrie Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Teknologi Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Keywords: Augmented reality, huruf, angka, vuforia engine, unity 3D

Abstract

Pendidikan awal anak usia 4-6 tahun merupakan fondasi penting dalam sistem pendidikan, perkembangan teknologi dapat mempengaruhi proses belajar sehingga bisa menjadi inovasi dalam pembelajaran. Penggunaan teknologi dapat mempermudah proses belajar dikarenakan tampilan yang interaktif dan menarik diantaranya penggunaan teknologi augmented reality yang dapat menampilkan objek 3D sehingga pembelajaran lebih efektif. Berbanding terbalik dimana proses pembelajaran sebelumnya untuk belajar huruf dan angka hanya menggunakan metode membaca dan menulis serta media yang digunakan masih menggunakan buku. Sehingga dengan adanya penelitian ini yang berjudul Aplikasi belajar huruf dan angka pada anak usia dini berbasis augmented reality, maka dapat membantu anak dalam belajar huruf dan angka menjadi lebih menyenangkan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Metode R&D dimana model untuk pengembanganya model ADDIE. Terdapat beberapa tahap dalam membuat aplikasi diantaranya yaitu Analisis, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Hasil akhirnya terbentuk aplikasi belajar huruf dan angka berbasis augmented reality, dimana dalam pembuatanya menggunakan aplikasi unity dan vuforia sebagai engine pembantu. Pengujian aplikasi dilakukan menggunakan metode black box dengan hasil yang di dapat bahwa sistem yang ada di aplikasi berhasil dan berjalan sesuai analisis yang telah direncanakan. Kesimpulanya bahwa media pembelajaran berbasis AR (augmented reality) untuk mengenal huruf dan angka dirancang untuk anak usia 4-6 tahun memiliki tingkat kevalidan yang dapat diakui. Dengan persentase 86,1% dan layak digunakan serta bisa dikembangkan

Published
2023-12-03