Aplikasi augmented reality pengenalan olahraga bola berbasis android
Abstract
Olahraga adalah aktivitas fisik yang dilakukan oleh manusia dengan sengaja maupun direncanakan dengan tujuan menyehatkan tubuh, memberikan energi positif, dan ada yang dijadikan sebagai hobi. Salah satu olahraga yang cukup diminati banyak orang yaitu olahraga bola. Biasanya beberapa masyarakat saat bermain sepak bola mengalami luka cidera yang disebabkan karena kurangnya pemahaman dasar mengenai teknik cara bermain yang benar. Oleh sebab itu, masyarakat diperlukan pemahaman dasar mengenai teknik cara bermain yang baik, dan bisa dilakukan secara teori atau membaca buku terlebih dahulu. Namun menurut keterangan dari UNESCO hanya 0,001% ketertarikan membaca buku masyarakat Indonesia. Berdasarkan permasalahan diatas, diperlukan inovasi media pembelajaran yang berbeda dari biasanya, yaitu media pembelajaran menggunakan augmented reality atau AR. Metode yang digunakan yaitu metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dan marker-based tracking. Perancangan aplikasi ini menggunakan Vuforia SDK sebagai database atau library untuk menyimpan marker, Unity 3D untuk merancang aplikasi, dan Visual Studio Code untuk pemrograman C#. Pengujian blackbox pada aplikasi ini dijalankan di smartphone android, dan tiap menu berhasil ditampilkan. Pengujian pengguna atau user didapatkan hasil dengan persentase 73% setuju, yang artinya aplikasi augmented reality pengenalan olahraga bola berbasis android layak untuk digunakan
Copyright (c) 2024 Yusi Erlita, Hajar Puji Sejati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.