Analisis Rem Forklift Model Fd30t-17 Terhadap Availability di Perusahaan Pengolah Limbah

  • Sugiharjo Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi
  • Awang Surya Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi
Keywords: Kaizen, Forklift, Availability

Abstract

PT. P adalah perusahaan yang bergerak sebagai waste management services yaitu melakukan pengelolaan limbah industri. Dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut, PT. P banyak menggunakan alat bantu, salah satunya forklift. Forklift sangat penting bagi PT. P maka pelaksanaan program perawatan yang tepat sangat krusial untuk mencapai kondisi kestabilan ketersediaan untuk selalu siap digunakan (availability) dari forklift tersebut.  Selama ini tingkat availability dari forklift di PT, P secara rata-rata adalah 92,07% sedikit di atas target perusahaan yaitu 90%. Beberapa tipe forklift pada bulan-bulan tertentu di availability di bawah 90%. Dalam rangka meningkatkan availability Forklift, PT. P telah membuat suatu program perawatan Reliability Centered Maintenance (RCM) dengan tujuan meningkatkan availability forklift. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas program RCM dengan Kaizen dalam meningkatkan availability forklift. Metode yang digunakan adalah studi lapangan. Dalam pelaksanaan penelitian lapangan dilakukan pengamatan, dokumentasi dan wawancara. Hasil yang didapatkan bahwa program Reliability Centered Maintenance dengan pelaksanaan kaizen yang dilakukan telah memberikan pengaruh yang positif. Availability forklift secara rata-rata meningkat dari angka 92,07% menjadi 97,11%.

Published
2022-01-07