Analisis Pengaruh Jumlah Lubang Nozzle Injektor terhadap Torsi pada Pembesaran Piston Motor Matic Injection

  • Aprian Fadhlu Rahman Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Armila Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Rudi Kurniawan Arief Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Keywords: Injector Nozzle, Number of Injector Nozzle Holes, Piston Enlargement, Dynotest, Torque and power

Abstract

Sistem injeksi merupakan teknologi yang dapat meningkatkan performa mesin dan efisiensi bahan bakar. Teknologi injeksi bahan bakar (Fuel Injection System) adalah teknologi yang mencampur bahan bakar dengan udara sebelum masuk ke ruang bakar, kemudian disemprotkan dengan tekanan tertentu. Nozzle injektor berperan penting dalam penyemprotan bahan bakar. Terdapat lubang pada ujung nozzle, lubang ini merupakan sarana untuk menginjeksi bahan bakar dengan cara pengabutan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui perubahan torsi dan daya pada sepeda motor honda Beat FI tahun 2014 dengan pembesaran piston 0,75 mm pada jumlah lubang nozzle injektor dengan variasi lubang 4. 6 dan 8 dengan bahan bakar pertamax. Alat yang dilakukan untuk pengujian ini adalah dynotest. Pada penelitian ini didapatkan data berupa kurva dari nilai torsi dan daya pada masing-masing lubang nozzle injektor. Hasil dari penelitian ini mendapatkan torsi dan daya tertinggi pada nozzle injektor lubang 4 dengan torsi maksimum sebesar 6,95 ft-lbs dan daya maksimum sebesar 8,75 HP pada putaran mesin 6.610 rpm. Pada nozzle injektor lubang 6 didapatkan torsi maksimum sebesar 6,82 ft-lbs dan daya maksimum sebesar 8,31 HP pada putaran mesin 6.400 rpm, sedangkan pada injektor lubang 8 didapatkan torsi maksimum sebesar 5,94 ft-lbs dan daya maksimum sebesar 7,14 HP pada putaran mesin 6.310 rpm

Published
2022-01-31
How to Cite
Aprian Fadhlu Rahman, Armila, & Rudi Kurniawan Arief. (2022). Analisis Pengaruh Jumlah Lubang Nozzle Injektor terhadap Torsi pada Pembesaran Piston Motor Matic Injection. TEKNOSAINS : Jurnal Sains, Teknologi Dan Informatika, 9(1), 29-39. https://doi.org/10.37373/tekno.v9i1.139