Pengaruh slot kumparan pada kinerja permanent magnet synchronous motor dengan metode komputasi
Abstract
Kesadaran mengenai isu-isu energi dan lingkungan, industri otomotif mulai mengembangkan kendaraan listrik. Banyak negara dan produsen mobil besar telah banyak berinvestasi dalam penelitian kendaraan listrik. Di industri ada persyaratan dinamika torsi maksimum dan respon torsi kondisi tunak yang lebih baik. Ada gelombang yang lebih rendah pada fluks magnet motor dan torsi yang dihasilkan. Permanent magnet synchornous motor (PMSM) menjadi salah satu pilihan yang tepat. PMSM menggunakan rare-earth magnets yang telah diterapkan sebagai traction motor untuk kendaraan listrik karena memiliki efisiensi yang tinggi dan kepadatan daya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat efisiensi yang disajikan dari berbagai jenis motor sinkron dengan spesifikasi motor yang berbeda dari slot type of coil untuk mengetahui motor sinkron mana yang lebih efisien. Sehingga penelitian ini dapat membantu para pengguna motor sinkron dalam menentukan rancangan motor sinkron yang sesuai dengan kebutuhan. Penelitian berjalan dengan menggunakan proses komputasi pada software Ansys Electronic 2018. Seluruh proses komputasi yang dilakukan menggunakan metode Finite Element Analysis (FEA) untuk menyelesaikan permasalahan medan magnet dan medan listrik secara sederhana. Tipe motor dengan kode C1 memiliki nilai efisiensi tertinggi sebesar 95,251% berdasarkan rasio dari input power dan output power dengan spesifikasi besarnya nilai kuat medan magnet sebesar 0,93409 Tesla dan laju kuat arus persatuan panjang sebesar 5,3208 Ampere per meter, serta motor ini mendapatkan nilai efisiensi yang optimal pada kecepatan konstan motor sebesar 13300 rpm dan pada 75 derajat sudut putar rotor saat bekerja.
Copyright (c) 2023 Ferdyanto, Idris Marbawi, James Julian, Fitri Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.