Strategi pemasaran UMKM menuju ekspor di Kecamatan Mojosari (studi kasus pada UMKM Anugrah)

  • Sabrina Izzah Rheavanya UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Kiky Asmara Program Studi Ekonomi Pembangunan, UPN ”Veteran” Jawa Timur, Jl. Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Keywords: UMKM, strategi pemasaran, ekspor, digitalisasi, Kecamatan Mojosari

Abstract

Keberadaan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) merupakan pilar penting bagi pembangunan suatu bangsa. UMKM memiliki andil yang sangat besar terhadap PDB dan penyerapan tenaga kerja. UMKM saat ini dituntut untuk bisa menyesuaikan perkembangan zaman. Dengan memanfaatkan sosial media yang baik dapat memberikan prospek yang baik dalam kemajuan UMKM. Masih rendahnya UMKM di Kecamatan Mojosari yang terhubung dalam penggunaan media sosial juga merupakan salah satu penyebab rendahnya angka kontribusi ekspor UMKM. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu strategi pemasaran UMKM menuju ekspor di Kecamatan Mojosari dengan studi kasus UMKM Anugrah. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis SWOT. Kemudian Pengumpulan data dan informasi dalam penelitian ini dilakukan melalui pengamatan secara langsung pada UMKM Anugrah serta wawancara dengan pemilik UMKM. Hasil yang didapatkan UMKM Anugrah harus melakukan inovasi produk, repacking, melakukan standarisasi, promosi melalui sosial media dan melakukan onboarding di e-commerce atau marketplace

 

Published
2023-07-11