Analisis dan pengembangan strategi bisnis menggunakan metode value chain (Studi Kasus: PD. XYZ)
Abstract
Bisnis pakaian merupakan bidang bisnis yang menjanjikan dan memiliki daya tarik bagi banyak orang, namun memiliki kompetisi persaingan yang cukup ketat. Pada penelitian ini dilakukan analisis dan pengembangan strategi bisnis menggunakan metode Value chain yang berfokus pada bisnis pakaian. Metode Value chain adalah salah satu metode analisis yang popular karena sedehana, mudah digunakan dan diterapkan dilapangan. Studi kasus yang dibahas adalah nilai penjualan PD XYZ yang tertinggal dibandingkan competitor. Jenis metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kantitatif dan kualitatif. Aktifitas logistik, penjulan, pelayanan, sumber daya manusia (SDM) dan Infrastruktur perusahaan dibahas dalam penelitian ini guna mendapatkan situasi yang jelas untuk mengembangkan solusi peningkatan nilai penjualan. Hasil menunjukkan bahwa nilai penjualan PD XYZ yang selalu tertinggal sebesar 30% dibandingkan kompetitor mampu diperbaiki dan unggul sebesar 5% setelah penerapan strategi. Secara internal, strategi bisnis yang diterapkan mampu meningkatkan nilai penjualan sebesar 142% dibandingkan sebelumnya. Kontribusi penelitian ini adalah dapat dijadikan acuan analisis dan pengembangan bisnis menggunakan metode value chain untuk bisnis-bisnis lainnya.
Copyright (c) 2022 Sonny Nugroho, Denny Siregar, Didin Sjarifudin, Rifki Muhendra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.