Implementasi standard preparation pada produk fix knife untuk mencegah komplain pelanggan pada produksi massal
Abstract
Di perusahaan vendorĀ hanya mengandalkan beberapa dokumen untuk mempersiapkan produksi massal dari proyek yang sedang berjalan. Namun, dalam pelaksanaannya masih ditemukan komplain dari pelanggan. Perusahaan merancang standar yang akan ditetapkan untuk project baru sebelum dilakukan produksi massal. Standard preparation merupakan faktor penting dalam membuat new development produk fix knife untuk mencegah klaim dari pelanggan saat produksi massal. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan standard preparation pada fix knife. Metode yang digunakan adalah Production Part Approval Process (PPAP) yang dibuat oleh Automotive Industry Action Group (AIAG). Dokumen PPAP yang akan dibahas meliputi 15 dokumen. Pengontrolan rejection dilakukan pada setiap shift kerja. Dari pengontrolan yang dilakukan akan didapatkan hasil perbandingan antara produk Finish Good dan Not Good (NG). Berdasarkan hasil pengujian selama tiga bulan didapatkan rejection 4% dari dari target 5% dan total keseluruhan produksi sebesar 786 pcs dengan total reject sebanyak 31 pcs. Dengan demikian, metode PPAP berhasil diterapkan produksi massal fix knife sehingga tidak ada klaim dari pelanggan
Copyright (c) 2024 Wafi Tri Maharani, Rizki Choiri Fitrianto, Tria Okta Nur Selfiana, Indra Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.