Review: Dampak Disrupsi ICT dan Covid 19 terhadap Perubahan Perilaku Konsumen dan Digital E-Commerce di Indonesia

  • MA Pahmi Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi
  • AFM Ayob Universiti Malaysia Terengganu, 21030 Kuala Terengganu, Terengganu Malaysia
  • G Suprayitno Institut Sains dan Teknologi Nasional, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indonesia 12630
Keywords: Disrupsi ICT, e-commerce, perubahan perilaku konsumen, industri digital, dampak covid-19

Abstract

Tahun 2020 merupakan tahun yang unik dimana hampir seluruh negara di dunia terdampak oleh adanya pandemi COVID-19. Lockdown menjadi salah satu kebijakan yang diambil oleh banyak negara. Kondisi yang terjadi ini dan disrupsi ICT dan diprediksi memiliki implikasi terhadap kegiatan ekonomi secara global. Paper ini bertujuan untuk memberikan sebuah review dampak kondisi covid-19 dan disrupsi ICT terhadap perubahan perilaku konsumen dan dampaknya terhadap perkembangan industri digital di Indonesia dengan menggunakan metode literatur review. Beberapa temuan menarik dari penelusuran literatur diketahui bahwa kondisi pandemic Covid-secara tidak langsung mengubah pola  perilaku konsumen dalam berbelanja  dan kenaikan bisnis e commerce 22% namun menyebabkan menurunnya pertumbuhan modern trade dan retail tradisional hingga 15%. Faktor-faktor utama yang mendorong perkembangan E-commerce di Indonesia mencakup; Kelas menengah yang sedang tumbuh, tingkat penetrasi internet dan seluler yang tinggi, meningkatnya jumlah fintech dan opsi keuangan alternatif, investasi teknologi E-commerce di Indonesia serta gencarnya strategi Pemasaran E-Commerce.

Published
2022-05-07