Analisis kepuasan pelajar terhadap layanan bus trans banyumas dalam segi kualitas pelayanan fasilitas dan harga

  • Hikmah Yogi Prasojo Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Aswan Munang Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Jawa Barat, Indonesia
  • Achmad Zaki Yamani Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: BRT trans banyumas, fasilitas, harga, kepuasan pelajar, kualitas pelayanan

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengguna angkutan BRT Trans Banyumas yang merupakan pelajar. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga berpengaruh terhadap penilaian kepuasan pelajar pada rute Terminal Bulupitu-Terminal Kebondalem Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif yang meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner dengan skala likert. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan metode regresi linier berganda dan dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelajar. Namun, secara parsial, variabel kualitas pelayanan berpengaruh negatif dan signifikan, yang berarti bahwa kualitas pelayanan belum memuaskan para pelajar pada rute Terminal Bulupitu-Terminal Kebondalem Purwokerto. Variabel independen (Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Harga) dalam penelitian ini hanya mampu menjelaskan 49,9% variasi dalam variabel dependen (Kepuasan Pelajar), sementara sisanya 50,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini

Published
2023-06-12