Analisis paket damage dan perbaikan kualitas produk pada jasa logistik menggunakan metode PDCA Dan FMEA (Studi Kasus: PT Ninja Xpress)

  • Hendrik Hidayat Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Rifki Muhendra Bhayangkara Jakarta Raya University
  • Oki Widhi Nugroho Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Keywords: Logistik, Paket Damage, PDCA, FMEA

Abstract

Permasalahan yang dapat menurunkan kualitas layanan dan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan logistik adalah kerusakan paket pengiriman.  PT Ninja Xpress memiliki rata-rata kerusakan paket (damage) lebih dari yang ditetapkan oleh perusahaan. Pada penelitian ini dilakukan analisis paket damage dan perbaikan kualitas produk pada jasa logistik menggunakan metode PDCA dan FMEA. Adapun tahapan yang dilakukan pada penelitian ini antara lain analisis 7 Tools, menentukan faktor-faktor Penyebab Paket Damage, Brainstorming, analisis FMEA, Usulan perbaikan menggunakan 5W+1H, pelaksanaan perbaikan, analisis dan evaluasi perbaikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata paket damage setelah implementasi perbaikan adalah 2 % atau turun sebesar 5% dari sebelumnya. Penelitian ini memberikan rangkaian analisis dan solusi yang tepat dan dapat dipertimbangkan oleh perusahaan untuk dilaksanakan guna perbaikan proses bisnis

Published
2023-09-02